Beginilah Akibat Orang Tua Sering Menakuti Anak dengan Berkata “Kalau Nakal Disuntik Dokter”

POJOKBANDUNG.com- Sebagian orang tua sudah terbiasa menakut-nakuti anak dengan kalimat-kalimat tertentu agar agar si buah hati tidak nakal. “Kalau nakal, disuntik dokter nanti ya.” Kalimat seperti itu sepertinya sudah akrab di telinga kita.


“Disuntik dokter”, frase untuk menakut-nakuti kebanyakan anak-anak. Kalimat itu bisa membekas sampai beranjak dewasa, bahkan ‘diwariskan’ ke keturunan berikutnya.

Salah seorang dokter anak dr. Nevi Bachtiar mengatakan, menakut-nakuti anak dengan kata “disuntik dokter” memang secara tak langsung melemahkan mental si anak.

“Akan menyebabkan susah diperiksa, juga akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Menakut-nakuti supaya dia tidak nakal sedikit banyak akan berpengaruh dalam pertumbuhan mentalnya, bahkan sampai pernah ada satu anak yang teriak histeris waktu akan disuntik,” ungkapnya.

Menurut dia, anak yang trauma dengan jarum suntik adalah salah satu hal yang memberatkan para dokter. “Dan, anak yang sering ditakut-takuti akan tumbuh sebagai anak yang penakut, tidak berani untuk mencoba,” jelas Nevi.

Ia menyatakan, metode pola asuh anak banyak bentuknya, tanpa harus menggunakan ancaman “disuntik jarum”. Dengan cara memberi pengertian terhadap anak bahwa ada rambu-rambu tertentu yang tidak boleh dilanggar.

Sebab, manusia telah mempunyai 95 persen otak orang dewasa semenjak menginjak usia 2 tahun.

Senada, Psikolog Winda Lestari. Praktisi NLP (Neuro-Linguistic Programming) berlisensi Amerika Serikat ini menyebut, mendidik anak dengan memberikan titah semacam ancaman bukanlah hal yang tepat. Pengaruh negatif pada mental anak pasti terjadi.

“Iya jelas itu bukan pengaruh baik bagi tumbuh kembang anak, malah kemudian anak berpikir bahwa dokter adalah penghukum karena jika dia nakal dia akan di suntik dokter,” tutur perempuan yang lulus menempuh pendidikan strata duanya di Universitas Indonesia itu.

“Apalagi kalau ditambah kata seperti nanti disuntik dokter lo, hiii… takuuttt.. sakittt..”, imbuhnya. (riz/moh)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …