Warga Bandung Masih Harus Waspadai Ancaman Banjir dan Longsor

Longsor yang terjadi di bantaran anak sunagi Cikapundung Kolot RT 04/05 Karees Kulon, Kelurahan Malabar, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Rabu (1/3) mengakibatkan kerusakan sejumlah rumah. (Ramdhani)

Longsor yang terjadi di bantaran anak sunagi Cikapundung Kolot RT 04/05 Karees Kulon, Kelurahan Malabar, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Rabu (1/3) mengakibatkan kerusakan sejumlah rumah. (Ramdhani)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pasca longsor yang terjadi di bantaran sungai Cikapundung, Kelurahan Malabar, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Rabu (01/3/2017) lalu. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan lakukan langkah antisipasi guna penanggulangan bencana di Kota Bandung.


Dalam upaya meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana longsor, Walikota Bandung, Ridwan Kamil mengimbau kepada seluruh warga yang menempati sekitar bantaran sungai agar meningkatkan kewaspadaan.

“Kami mengintruksikan kepada seluruh Kecamatan dan Kelurahan untuk memonitor khususnya di daerah aliran sungai,” imbau Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menyebutkan, bahwa cuaca di Bulan Februari – Maret merupakan puncak musim hujan ekstrem yang tidak jarang menimbulkan bencana seperti banjir dan longsor. Kendati Kota Bandung dihadapkan dengan cuaca yang ekstrem, Pemkot Bandung berupaya mengantisipasi terhadap segala bencana termasuk longsor.

“Untuk penanganan dinding yang jebol akibat longsor, kita akan terjunkan Unit Reaksi Cepat (URC) untuk perbaikan dan masyarakat dituntut untuk mengantisipasi terhadap segala bencana 1 x 24 jam,” ujarnya.

Sama halnya dengan proyek Drainase Gedebage pada 2016 lalu, tahun ini juga Pemkot Bandung berupaya membangun gorong-gorong dibawah jalan (basement) di Pagarsih, Kota Bandung.

“Menunggu anggaran yang baru ketuk palu, rencana tahun ini kita akan bangun saluran air dibawah tanah (basement) untuk menanggulangi banjir di pagarsih,” kata Ridwan Kamil. (cr1)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …