Menteri Susi Curiga Banyak Kapal Laut yang “Dikuruskan”

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti.

Menteri Susi Curiga Banyak Kapal Laut yang “Dikuruskan”


POJOKBANDUNG.com Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mencurigai banyak pengusaha kapal yang sengaja melakukan mark down (pengecilan ukuran kapal). Perempuan kelahiran Pangandaran, Jawa Barat, ini sudah punya bukti manipulasi ukuran kapal tersebut.

Hasil temuannya, ada beberapa kapal dengan ukuran besar namun pada badan kapal tertulis ukurannya kecil.

Temuan tersebut, misalnya, pada kapal KM Sido Tambah Santoso 01 yang menuliskan ukurannya 97 gross tonnage (GT), padahal setelah diukur ternyata 195 GT.

“Masa kapal sebesar ini ukurannya 97 GT. Ini pasti lebih besar lagi ini. 200 GT ada ini,” ungkap Susi ketika melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pelabuhan Nizam Zachman Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis (2/3/2017).

Ia akan segera melakukan investigasi untuk mengungkap siapa aktor yang bermain di belakang kecurangan tersebut. Kecurangan ini jelas merugikan negara dengan mengurangi pemasukan pajak.

Sebelumnya, KM Sido Tambah Santoso 03 dengan KM Rukun Arta Santoso 08 sudah diproses hukum dengan pelanggaran yang sama, yaitu mark down ukuran kapal. Kapal tersebut milik PT Mina Lana Santosa, perusahaan yang berpusat di Juwana, Pati.

“Mungkin dia punya 30 kapal. Nanti dicek semua izinnya. Ini juga harus dibuka penghasilannya mereka, katanya 70 ton per 3 bulan, masa cuma segitu,” ungkap Susi.

Mark down diduga menjadi modus yang sering dilakukan perusahaan kapal. (imn/pojoksatu/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …