Mau Tahu Pandangan Raja Salman Terhadap Terorisme?

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dan Presiden Joko Widodo (Raka Denny/ Jawa Pos)

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dan Presiden Joko Widodo (Raka Denny/ Jawa Pos)

POJOKBANDUNG.com – Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ‎Zainut Tauhid Sa’adi membeberkan beberapa catatan penting terkait kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al-Saud ke Indonesia.


Pertama, mengembangkan Islam moderat.‎ Bahwa Indonesia dan Arab Saudi memiliki komitmen sama untuk mengembangkan Islam wasathiyah (moderat). Yakni Islam yang menjunjung tinggi nilai-nilai tasamuh (toleransi) dan tawazun (keseimbangan), Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan as-Sunnah.

Bukan Islam yang ekstrim (tatharruf), baik ekstrim kanan maupun ekstrim kiri.
Bukan Islam yang melampaui batas dan juga bukan Islam radikal yang menjurus kepada tindakan terorisme.

“Diharapkan kunjungan Raja Salman bisa menekan kelompok-kelompok radikal dan terorisme sehingga gerakannya bisa ditangkal dan daya rusaknya tidak meluas,” kata Zainut dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/3/2017).

Lebih dari itu kunjungan Raja Salman juga diharapkan bisa meletakkan dasar-dasar toleransi dan persaudaraan antar umat Islam, khususnya dalam pengamalan ajaran agama yang sering kali terusik karena adanya perbedaan pandangan atau ijtihad.

Sehingga terbangun saling menghormati, saling menolong dalam hal yang sudah disepakati, dan saling menenggang dalam hal yang berbeda.

Kedua, melawan radikalisme dan terorisme‎.‎ Komitmen Raja Salman untuk melawan dan memerangi faham radikalisme dan terorisme patut diapresiasi.

Loading...

loading...

Feeds

Jabar Surplus Stok Pangan Jelang Libur Nataru

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memastikan ketersediaan stok 11 komoditas pangan strategis di 27 kabupaten/kota menjelang Libur …
ribuan buruh dmeo depan gesat

UMK 2023 di Jabar Resmi Ditetapkan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di Jawa Barat tahun 2023 pada …

Tangis Haru Antar Jenazah Aipda Sofyan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Peristiwa bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar pada Rabu pagi (7/12), menyisakan duka mendalam bagi keluarga korban, …