Inilah Sosok Calon Gubernur Muslim Pertama di AS

Abdul El-Sayed. Foto: Mic.com

Abdul El-Sayed. Foto: Mic.com

POJOKBANDUNG.com – Usianya baru 32 tahun. Namun kariernya mencorong. Dialah Abdul El-Sayed yang kini mencalonkan diri sebagai gubernur Michigan, negara bagian di AS.


Saat ini, pria imigran keturunan Mesir itu menjabat kepala dinas kesehatan Kota Detroit. Di jabatan ini, ia menjadi orang termuda.

Ia bahkan mampu meraih gelar dokter dari University of Michigan sebelum usia ke-32. Di kampus ini, ia meraih nilai tinggi (lulus 2007).

“Saya tidak maju menjadi gubernur Muslim pertama,” kata El-Sayed, dikutip dari Mic.com. “Saya maju karena saya percaya akan menjadi gubernur terbaik untuk negara bagian Michigan, baik saya Muslim maupun bukan.”

Jika El-Sayed menang, bisa jadi dia gubernur termuda sejak Bill Clinton terpilih menjadi Gubernur Arkansas pada 1978.

Selain itu, ia akan menjadi Muslim pertama yang menjabat gubernur di Amerika Serikat.

Selama menjalani tugasnya di departemen kesehatan Detroit, El-Sayed harus menghadapi tantangan akibat suhu sosial politik saat ini, yaitu meningkatnya sentimen anti-Muslim.

Namun El-Sayed terus bekerja. Ia yakin, pekerjaannya saat ini sebagai praktek dari nilai-nilai Islam, yaitu sebagai PNS yang melayani warga Detroit. Dan ia ingin melayani orang-orang lebih luas lagi, yakni warga Michigan.

“Fokus saya selalu kepada warga,” katanya, saat pidato kampanye, Sabtu (24/2/2017). “Saya akan menciptakan peluang bagi orang-orang yang memiliki hambatan dalam kehidupan mereka untuk dapat memiliki kesempatan. ”

Abdul El-Sayed bersama keluarga dan teman saat wisuda di Columbia University. Foto: Mic.com

Abdul El-Sayed bersama keluarga dan teman saat wisuda di Columbia University. Foto: Mic.com

Akan tetapi, beberapa warga di negara bagian itu mungkin tidak siap melihat gubernur Muslim. Dalam beberapa tahun terakhir, Michigan terpapar gerakan Islamophobia.

Loading...

loading...

Feeds

Belajar Madu di Kedai Lebah

POJOKBANDUNG.com, RANCABALI – Tak hanya menyiapkan sajian madu asli, Kedai Lebah di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali Kabupaten Bandung juga memberikan edukasi …