Analisa Pilkada Serentak 2017: Golkar Banyak Menangnya

ilustrasi pilkada

ilustrasi pilkada

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dari 101 daerah di Indonesia yang menjalani Pilkada serentak pada 15 Februari 2017 lalu, PDIP sebagai partai penguasa hanya mengalami 45 kemenangan.


Lembaga survei Indonesia Strategic Institute (Instrat) melakukan analisis kesukesan partai berdasarkan data resmi dari KPU masing-masing daerah.

Direktur Indonesia Strategic Institute (Instrat), Jalu Pradhono mengatakan dari hasil analisanya, justru Golkar partai yang paling banyak meraih kemenangan, sebanyak 54 kandidat.

Disusul Nasdem dengan 47 kemenangan, Demokrat dan PDIP 45 kemenangan, PKB dan Gerindra 40 kemenangan, PKS dan PAN 39 kemenangan, Hanura 35 kemenangan, PPP 26 kemenangan, PBB 11 kemenangan, dan PKPI 1 kemenangan.

“Itu berdasarkan kandidat yang diusung melalui koalisi partai,” cetus Jalu, di Bandung, Kamis (2/3/2017).

Namun Golkar ternyata kalah efektif oleh PKB dan Nasdem. Dari total usungan 98 kandidat, partai beringin ini hanya unggul di 55% daerah. Artinya PKB dan Nasdem berhasil memenangkan 56% kandidat yang diusungannya.

“PKS, Demokrat dan PDIP ada di urutan ketiga dengan berhasil memenangkan 50% kandidatnya. Lalu Gerindra dan Hanura 49%, PAN 47%, PPP 38%, PBB 35% dan PKPI 25%,” jelas dia.

Jika melihat peta koalisi, lanjutnya, Golkar-Nasdem merupakan koalisi tersukses, berhasil 32 kemenangan. Demokrat-Golkar 30 kemenangan, Golkar-PAN 27 kemenangan, PDIP-Golkar, PDIP-PAN dan PDIP-Nasdem masing-masing 25 kemenangan, Golkar-Hanura dan Demokrat-PKS 24 kemenangan.

“PKB-Golkar merupakan koalisi paling efektif karena memenangkan 79% dari 28 kali koalisi,” katanya. (atp/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Karya yang Membuat Tanya

Gedung Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan akhirnya telah rampung dibangun. Bangunan yang akan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung …

Cinta Palsu Negeriku

‎Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja, sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, menempati peringkat …