Publik Desak Lahan Eks Palaguna Dijadikan Ruang Terbuka Hijau

Eks Palaguna

Eks Palaguna

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketua Umum Angkatan Muda Siliwangi (AMS), Noery Ispandji Firman menegaskan pihaknya tidak terima jika lahan eks Palaguna Bandung dijadikan kawasan bisnis.


Organisasi masyarakat ini mendesak pemerintah menjadikan lahan tersebut menjadi ruang terbuka hijau (RTH).

“Publik lebih membutuhkan ruang terbuka hijau ketimbang lahan bisnis,” tegas Ketua Umum AMS, Noery Ispandji Firman, kepada wartawan.

Dikatakan, Kota Bandung hingga kini masih kekurangan RTH, bahkan semakin lama semakin berkurang. RTH yang juga bisa dijadikan ruang publik tentu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dibanding sentra bisnis yang sudah bertebaran di setiap titik di Kota Bandung.

“Lihat saja Alun-alun Kota Bandung, walupun menggunakan rumput palsu, tapi terbukti sangat bermanfaat sebagai ruang publik bagi masyarakat. Bukan hanya dinikmati masyarakat Kota bandung, tetapi juga dari berbagai daerah,” papar Noery.

Dia mencontohkan pula Alun-alun di pusat perkotaan Kabupaten Ciamis, yang juga dijadikan ruang publik. Bahkan kini alun-alun tersebut menjadi kebanggaan masyarakat Ciamis.

“Jika Palaguna dijadikan pusat perniagaan termasuk apartemen, itu hanya akan dicicipi oleh sebagian kalangan, yaitu masyarakat menengah ke atas,” katanya.

Noery menegaskan, sebagai kelompok masyarakat pihaknya akan mengirimkan surat resmi ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemkot Bandung dan PD Jasa dan Kepariwisataan (Jawi), yang berisi sikap keberatan atas rencana membangun lahan eks Palaguna di pusat Kota Bandung itu menjadi lahan bisnis.

“Kalau harus turun (aksi unjukrasa), kita turun langsung,” tegas Noery. (atp/pojokbandung)

 

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …