Mestinya Pemerintah Bebaskan Pajak Bahan Baku Industri

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG –  Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat Hening Widiatmoko mengatakan, jika para pelaku usaha ingin mampu bertahan dalam menghadapi ekspansi besar-besaran produk negara lain, maka pemerintah harus meringankan pajak impor bahan baku yang dibutuhkan para pelaku usaha.


“Subsidi pemerintah yang paling efektif yaitu keringanan pajak, sehingga biaya pembelian bahan baku dapat ditekan,” ungkap Widi, di Bandung, Rabu (1/3/2017).

Dia mengatakan, jika adu kualitas dengan produk China seperti sepatu, produk lokal buatan Jawa Barat tidak kalah bagus. Namun masalahnya, karena modal produksi di awal sudah mahal maka produk lokal tidak bisa dipasang dengan harga yang lebih murah.

“Pajak untuk produk impor jangan dibikin tinggi, kesannya terlalu protektif. Tetapi pajak untuk pembelian bahan baku sebisa mungkin dibebaskan untuk meringankan beban. Bagaimana mau pasang lebih murah jika modalnya saja sudah tinggi,” tegas Widi.

Pemerintah juga harus mendorong para pelaku industri agar dalam pengupahan mengacu pada konsep padat karya. Menurutnya, upah buruh padat karya harus diformulasikan lagi mengingat hampir 60% pendapatan perusahaan dihabiskan untuk sektor pengupahan karyawannya.

“Jika upah terlalu tinggi maka dikhawatirkan akan membuat perusahaan gulung tikar,” katanya.

Sebaliknya, jika upah yang ditawarkan terlalu rendah, masyarakat pun bisa jadi malas bekerja di perusahaan bersangkutan. Dengan metode tersebut, lanjut dia, diyakini baik karyawan ataupun perusahaan akan menemui jalan tengah. Sebab, karyawan yang mengejar target dipastikan akan bekerja lebih produktif.

“Supaya buruh tidak ada ribut-ribut lagi. Perusahaan juga kan nantinya bisa melihat siapa yang rajin bekerja dan siapa yang bisanya hanya mengeluhkan keadaan tanpa bekerja optimal,” ungkap Widi. (atp/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …