Kemenkumham Jabar Serukan Tingkatkan Pelayanan

Kepala Kantor Kemenhumham Jawa Barat, Dr Susy Susilawati SH MH

Kepala Kantor Kemenhumham Jawa Barat, Dr Susy Susilawati SH MH

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat terus meningkatkan pelayanan hukum kepada masyarakat. Salah satunya melakukan inovasi dalam menyediakan sarana dan prasarana kepada masyarakat.


Kepala Kantor Kemenhumham Jawa Barat, Dr Susy Susilawati SH MH mengatakan, masyarakat sudah selayaknya mendapatkan kepastian dalam mengurus berbagai kebutuhan kelengkapan berbagai administrasi.

”Di sinilah peranan Kementerian Hukum dan HAM Jabar harus memberikan  pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Tentu dengan memberikan kenyamanan bagi warga melalui informasi standar prosedur, kepastian soal biaya, kepastian lamanya proses  dan kepastian ketepatan waktu,” ujar Susy.

Menurut Susy, pengawasan orang asing di wilayah kerja Hukum dan HAM Jawa Barat juga terus tingkatkan. Ia mengatakan, saat ini Kemenhumham Jabar sudah mempunyai 214 orang tim pengawasan orang asing di Jabar. Tim pengawasan orang asing di Jabar ini paling banyak di Indonesia.

Sementara untuk Lapas, sudah ditetapkan 10 lapas industri di Jabar. Artinya, lapas tersebut tidak lagi hanya pelakukan pembinaan saja, melainkan juga ditekankan pada kegiatan produktif melalui industri yang berbasis agro bisnis seperti penggemukan sapi, manufakturing, pertanian terpadu, peternakan, perikanan, jasa boga dan lain-lain.

Hal ini dilakukan untuk membantu ketahanan pangan di Jabar, dengan harapan warga binaan pemasyarakatan (WBP) setelah selesai menjalani pidana dapat menjadi aktif dan produktif serta berguna di masyarakat.

Sedangkan soal aturan kerja bagi para abdi negara di Kemenhumham Jabar, Susy mengatakan, “Harus kerja sesuai aturan yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan, sehingga petugas jangan coba-coba bermain lagi dengan berbagai peraturan. Jika dilanggar, saya akan pecat atau copot jabatan,” tegas Susy.

Ia juga menekankan kepada masyarakat, bahwa pihaknya bekerja keras memperbaiki berbagai pelayanan. “Namun jika memang ada kekurangan di sana-sini, masyarakat agar bersabar, karena sedang tahap perbaikan,” sambung Susy.

Lebih lanjut Susy menerangkan, sudah melakukan pembinaan terhadap UPT-UPT Kemenhumham Jabar dalam berbagai aspek.

”Salah satunya bagaimana membuat  berita yang baik sehingga enak dibaca. Misalnya ada penemuan narkoba di UPT, bagaimana akan menyampaikannya kepada pers. Nah kita bekali para UPT dengan ilmunya melalui Humas UPT. Sebab faktanya banyak berita terkait Kemenhumham Jabar yang positif namun belum terekspos, kita sudah bekerja mati-matian namun selama ini, terkadang keberhasilan Lapas dalam mengungkap narkoba di lapas, misalnya kadang diakui lembaga lain, karena terganjal humas yang kurang piawai dalam mengemas berita,” terang Susy. (caca/adv)

 

 

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …