Wow! Kembangkan Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu, Pemprov Jabat Teken MoU dengan 8 Perusahaan dan Asosiasi Wisata

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) dan Wakil Gubernur Deddy Mizwar.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) dan Wakil Gubernur Deddy Mizwar.

Aher mencontohkan, pihaknya akan membangun jalan sepanjang 40-an kilometer dari Palabuhan Ratu menuju Ujung Genteng. Hal ini akan menjadi kawasan wisata yang unik dan menarik karena pengunjung bisa menikmati kawasan geopark hanya dengan mengakses jalan tersebut.


“Itu akan jadi jalan baru, sejarah baru karena selama ini di pantai yang menghubungkan antara Palabuhan Ratu sampai ke Ujung Genteng kan belum ada jalan selama ini. Jalannya di tengah, kalau kemudian masuk ke kawasan itu jalan setapak lalu masuk ke bibir pantainya,” ujar Aher.

“Jadi nanti ada wisata Ujung Genteng-Palabuhan Ratu. Sekitar 40-an kilometer di pinggir pantai. Kalau dari arah Palabuhan Ratu menuju Ujung Genteng laut sebelah kanan – pegunungan yang hijau dan asri senelah kiri. Kalau dari arah Ujung Genteng menuju Palabuhan Ratu sebaliknya, sebelah kirinya pantai – sebelah kanannya pegunungan atau hutan lebat. Itu akan menjadu panorama unik ya, karena disitulah tengah-tengahnya geopark,” paparnya.

Kawasan geopark ini akan fokus tiga hal. Di antaranya Geodiversity, kenakearagaman geologi yang bernilai sejarah, seperti jenis batuan dan glatser. Biodiversity yaitu keanekaragaman flora dan fauna, serta Culturediversity merupakan keanekaragaman seni dan budaya masyarakat lokal. (mun)

Loading...

loading...

Feeds