Waduh, Gorong-gorong Jalan Ambrol di Kuningan Terlalu Sempit dan Tersumbat Sampah

iluatrasi

iluatrasi

POJOKBANDUNG.com – ‎Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dibantu Pemprov Jabar dan Kabupaten Kuningan tengah berjibaku memperbaiki jalan ambles di Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan.


Jalan yang kini putus total itu diperkirakan akan kembali normal dalam waktu 1,5 bulan ke depan.

Jalan nasioanal penghubung Kuningan, Majalengka, Cirebon dengan Ciamis itu ambrol akibat terjangan air bah dari wilayah hulu.

Sedangkan gorong-gorong yang barada di bawah jalan tidak mampu menyalurkan debit air secara normal karena saluran yang terlalu sempit, diperparah dengan sumbatan sampah. “Akibatnya air meresap ke mana-mana, mencari celah untuk keluar,” papar Pengawas Lapangan Kementrian PUPR, Gaguk Suprianto, di lokasi kejadian, Kamis (23/2/2017).

“Dan yang terjadi, beban terlalu berat ditambah kontur tanah menjadi lembek‎. Akibatnya dinding dinding beton setebal itu (1 meter) pun tak mampu menahan beban, lalu ambrol.”

Dengan begitu, lanjut dia, agar tidak lagi terjadi hambatan arus air kali tersebut, pihaknya memasang 22 buah box culvert atau gorong-gorong beton berukuran 2 x 2 x 1,2 meter. Sebelumnya, terowongan air yang ada cukup sempit, hanya 1 x 1 x1 meter.

“‎Estimasi biayanya sekitar Rp 4 miliar dari APBN, dengan waktu pengerjaan diperkirakan tiga bulan. Tapi dalam satu setengah bulan juga jalannya sudah bisa digunakan. Selebihnya pemasangan pancang untuk penguatan sekitar satu setengah bulan. Jadi totalnya tiga bulanan,” ungkap Gaguk.

Dia berharap, pengerjaan tidak terkendala dengan cuaca buruk. Untuk sementara, para pekerja tengah melakukan pengeboran untuk pemasangan tiang pancang untuk penguat pondasi jalan. (atp/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …