Ratusan PKL Cicadas Ontrog Kantor Satpol PP Kota Bandung

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Ratusan orang pedagang kaki lima (PKL) Cicadas mendatangi Kantor Satpol PP Kota Bandung di Jalan Martanegara, Rabu (22/1).
Maksudnya, untuk mempertanyakan surat peringatan (SP) satu yang diberikan Satpol PP kepada PKL, agar PKL meninggalkan trotoar di Jalan Jendral A.Yani kawasan Cicadas.


“Kami mempertanyakan, kenapa Satpol PP memberikan surat peringatan ini. Padahal kami tidak pernah diberitahu untuk sosialisasi secara langsung,” ujar Ketua Umum Persatuan PKL Cicadas, Suherman.
PKL tidak keberatan dipindahkan, tapi harus dengan pemberitahuan, dan ke tempat yang telah disepakati.

“Yang jelas, kami tidak mau pindah ke BTM (Bandung Trade Mall, red). Kami hanya mau kalau dipindahkan ke gedung eks super bazar,” terang Suherman.

Menurut Suherman, keberatan mereka pindah ke BTM, karena mereka akan ditempatkan di BTM bagian belakang.

“Kalau di belakang kan tempatnya kumuh, bau. Seperti kandang ayam,” tegasnya.

Selain itu, karena BTM dikelola pihak ketiga mereka yakin akan dikenakan biaya untuk penggunaan kios.

“Kami akan dimintai uang sewa kios sampai Rp3 juta per bulan. Kami akan dapat uang dari mana, modal saja hanya Rp2juta,” katanya.

Para PKL lebih memilih pindah ke eks super bazar, karena para PKL pertama hadir dari daerah situ.

“Di sana juga lokasinya lebih dekat,” terangnya.

Suherman mempertanyakan kebijakan Wali Kota Bandung, yang pada saat kampanye menjanjikan tidak akan merelokasi PKL.

“Waktu kampanye, kami dijanjikan hanya akan ditata, lapak akan dipasang canopy, bahkan akan dibuatkan koprasi dan diberi modal Rp600 juta,” paparnya.

Karenanya, PKL menyayangkan kejadian ini, karena ini merupakan bentuk ketidak perdulian wali kota terhadap mereka.

“Kenapa wali kota membuat car Free Day. Padahal itu menciptakan, PKL baru kelas menengah atas. Sementara, kita kelas menengah bawah dimusnahkan,” katanya.

Suherman mengancam, kalau Pemkot Bandung tidak menggubris keberatan pada PKL, maka itu dianggap menantang dan mengundang kemarahan PKL.
Menanggapi hal ini, Kepala Satpol PP Kota Bandung Dadang Iriana mengatakan, pihaknya mengeluarkan surat peringatan, atas dasar keluhan warga terhadap keberadaan PKL Cicadas.

“Mayoritas warga mengeluhkan keberadaan PKL Cicadas yang dianggap membuat kumuh,” tegasnya.

Karenanya, pihaknya mengirimkan surat peringatan, dengan harapan ada kesadaran dari PKL bahwa kegiatan mereka melanggar aturan.

“Karena dibiarkan berjualan bertahun-tahun, bukan berarti kegiatan mereka itu ilegal,” terangnya.

Dadang menambahkan, pihaknya ingin mengembalikan trotoar ke fungsi semula sebagai hak untuk pejalan kaki. Bukannya dipakai berjualan bagi para PKL.
Untuk tindakan selanjutnya, Dadang mengaku akan berkoordinasi dengan Satgasus PKL. Apakah akan dilakukan penertiban, pembinaan atau relokasi.

“Kalau untuk kami, yang penting mereka pindah dan kawasan tersebut steril, kalau masah pindahnya ke mana, bukan urusan kami,” paparnya.

Jika dalam batas waktu yang sudah ditentukan, PKL tidak pindah, maka Satpol PP akan melakukan tindakan penggusuran.

“Kemungkinan akan kita gusur pada awal maret,” terangnya. ‎(mur)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …

Kodam Cendrawasih Siap Dukung PON XX Papua

POJOKBANDUNG.com, JAYAPURA – Dalam rangka meminta dukungan dari Kodam XVII/Cenderawasih, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin bersama rombongan melaksanakan …