Antisipasi Longsor, DPRD Usul Bangun Jalan Alternatif Ciamis – Ciayumajakuning

Anggota Fraksi PDIP DPRD Jabar, Gatot Tjahyono (kanan). Foto: Atep Kurniawan/Pojokbandung.

Anggota Fraksi PDIP DPRD Jabar, Gatot Tjahyono (kanan). Foto: Atep Kurniawan/Pojokbandung.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Anggota Fraksi PDIP DPRD Jabar, Gatot Tjahyono, mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membangun jalan alternatif di jalur Ciamis – Ciayumajakuning (Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan).


Menurutnya, pembangunan jalur alternatif penting sebagai antisipasi jika terjadi hambatan lalu lintas seperti longsor.

Untuk diketahui, baru-baru ini longsor terjadi di Jalan Raya Darma, Desa Kawahmanik, Kecamatan Darma, Blok Wage Cireungit, Kabupaten Kuningan.Jalur ini menghubungkan Ciamis – Ciayumajakuning.

Hari ini, Rabu (22/2/2017), Gatot akan meninjau jalan yang tertimpa longsor itu. Peninjauan terkait kegiatan reses DPRD Jabar. Kuningan merupakan salah satu daerah pemilihan Gatot, yakni Jabar IV yang meliputi Kabupaten Ciamis, Kuningan, dan Pangandaran.

“Maka butuh jalan alternatif sebagai antisipasi jika terjadi hambatan arus lalu lintas seperti longsor ini atau hambatan lainnya,” ungkap Gatot saat dihubungi PojokBandung.

Namun untuk sementara, lanjut dia, langkah yang paling memungkinkan dilakukan Pemprov Jabar adalah membangun jembatan sementara seperti jembatan bailley.

“Agar pergerakan orang dan barang bisa tetap berlangsung,” ujar Gatot.

Menurutnya, masyarakat pengguna jalur tersebut saat ini dapat dipastikan mengalami kerugian secara ekonomi.

“Karena mobilitas mereka putus sama sekali, tidak ada jalan lain,” katanya.

Dikatakan, usai mengunjungi lokasi longsor, dirinya akan bertolak ke Kabupaten Ciamis serta beberapa daerah pemilihan lainnya untuk menyerap berbagai usulan, masukan bahkan keluhan masyarakat. Reses ini dijadwalkan 21-28 Februari.

“Reses diselenggarakan di lima titik,” katanya. (atp/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …