Wow, Telkom University Buka Perpustakaan Mewah untuk Masyarakat Umum

Telkom University Open Library”. Foto: IST

Telkom University Open Library”. Foto: IST

POJOKBANDUNG.com – Telkom University, Bandung, resmi membuka pusat pengetahuan bernama “Open Library”. Perpustakaan yang didukung teknologi informasi digital ini bukan hanya diperuntukkan bagi mahasiswa, melainkan untuk masyarakat umum.


Rektor Telkom University Prof. Ir. Moch. Ashari, M.Eng., Ph.D. mengatakan, perpustakaan merupakan jantung sebuah institusi pendidikan.

Oleh karena itu, kata dia, Telkom University memiliki komitmen tinggi untuk memperkuat dan mempertinggi jantung pengetahuan di Telkom University.

“Telkom University Open Library yang mengambil konsep “green futuristic” adalah perpustakaan modern yang dalam hal desain atau isinya untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa ataupun masyarakat,” ungkap Ashari, melalui siaran pers yang diterima pojokbandung, Selasa (21/2/2017).

Telkom University Open Library, sambung dia, juga untuk mengantisipasi kemajuan teknologi ataupun sistem pendidikan di masa depan.

Telkom University Open Library berdiri di atas area 3.200 m2 dengan kapasitas 1.000 orang.

Telkom University Open Library

Telkom University Open Library

Perpustakaan dilengkapi oleh fasilitas katalog digital, mini teater, 14 ruang diskusi, akses wifi, library cafe, ruang multimedia, ruang akses koleksi digital, enam area baca, dan ruang ibadah.

Seluruh akses tersebut dapat diakses oleh para pengguna Open Library selama enam hari dalam seminggu, secara gratis. Untuk memudahkan operasional, Open Library didukung sistem informasi yang terintegrasi.

Perpustakaan tersebut bisa mengolah dan mengelola berbagai koleksi pengetahuan serta layanan Open Library.

Sejak tahun lalu, Telkom University mengklaim telah menjadi salah satu perguruan tinggi perintis gerakan Open Access (OA), dengan membuka akses online terhadap 14.467 tugas akhir, skripsi, dan tesis, 15.970 file abstrak, dan 7.822 jurnal eproceeding untuk masyarakat umum.

Sampai saat ini, jumlah anggota Open Library dari masyarakat umum mencapai 640 orang.

Peresmian perpustakaan dihadiri Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muh. Syarif Bando, Bunda Literasi Jawa Barat Netty Heryawan, Ketua Yayasan Pendidikan Telkom Dwi S. Purnomo. (imn/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …