Ini Karya Inovasi Warga yang Undang Decak Kagum Gubernur Aher

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) akhir tahun ini, pihaknya akan mencantumkan laporan beragam inovasi di bidang teknologi tepat guna dan pertanian, temuan masyarakat Jawa Barat.


“Nanti dalam LPPD kita akan cantumkan inovasi yang dihargai oleh Kemenpan RB, inovasi yang dijadikan juara oleh Kemenristek Dikti,” ujar Aher di Gedung Sate, Bandung, Selasa (21/2/2017).

Aher mengaku bangga, karena warga Jawa Barat ternyata cukup cerdas dalam mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya temuan teknologi pertanian pengusir lalat buah, teknologi sederhana untuk menghindarkan daun busuk pada tanaman kentang.

BACA JUGA:

50 Negara Hadir, Jabar Tuan Rumah Forum Penyiaran Internasional 2017

Datangi Fraksi PKS DPRD Jabar, Warga Bisa Adukan Unek-unek

“Biasanya menghindari daun busuk pada tanaman kentang itu dengan cara disemprot pakai obat, biayanya sangat mahal. Dengan teknologi persilangan ternyata jauh lebih murah,” papar Aher.

Inovasi lainnya, lanjut dia, warga Jabar ternyata mampu membuat mesin produksi tea powder atau tepung teh. Meski dengan teknologi sederhana, tetapi mesin ini mampu membuat produk dengan kualitas tak jauh berbeda dengan produksi mesin canggih di luar negeri.

“Kita juara juga di ‘tea powder’. Selama ini kan tea powder beli dari Jepang, tapi mereka tidak jual mesinnya. Ternyata warga Jawa Barat bisa bikin mesinnya dengan teknologi sederhana, tapi hasilnya sama, sehingga mendapat penghargaan dari Kemenristek Dikti,” papar Aher.

Inovasi tersebut, menurutnya terkesan kecil tetapi sejatinya akan berdampak cukup besar terhadap perkembangan ekonomi masyarakat. “Bisa empat kali lipat, berubah dari minum teh jadi makan teh. Kelihatannya kecil tapi dampaknya besar. Ini penghematan, menguntungkan masyarakat,” katanya. (atp/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

IGL Luncurkan Apps, Website dan Kompetisi

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Pasca sukses di gelaran FIFA 19 FUT tahun lalu, Indonesia Gaming League (IGL), bekerjasama dengan 1011 event dalam …

Pemerintah Batasi Distribusi Elpiji 3 Kilogram

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Ego Syahrial menyatakan bahwa pemerintah membatasi distribusi elpiji 3 kilogram. Ini dikarenakan …