Ngeri, 4 Misi Maut dari Agen-Agen Rahasia Serupa Korea Utara

Mata Hari (ist)

Mata Hari (ist)

POJOKBANDUNG.com- KASUS pembunuhan Kim Jong-nam yang diduga melibatkan dua perempuan, sebenarnya tidak terlalu mengagetkan.


Sebab, menilik sejarah kasus penghilangan nyawa yang dikaitkan dengan Korea Utara, banyak perempuan yang memainkan peran utama. Meski begitu, mantan mata-mata Korut Kim Hyon-hui menyebutkan bahwa para pelaku pembunuhan Jong-nam tampak masih amatir.

Berikut misi pembunuhan ala Korea Utara yang pernah terjadi:

Korean Air, 1987

Kim Hyon-hee dan Kim Seung-il meletakkan bom di kabin Korean Air dengan nomor penerbangan KAL 858. Pesawat yang terbang dari Baghdad menuju Seoul itu meledak di atas Laut Andaman dan menewaskan 115 orang.

Dua agen rahasia Korut tersebut ditangkap di Bahrain. Kim Seung-il bunuh diri saat ditangkap. Sementara itu, Kim Hyon-hee yang diekstradisi ke Korsel akhirnya mengaku bahwa serangan tersebut bertujuan mengganggu penyelenggaraan Seoul Summer Olympics yang digelar pada 1988.

Pembunuhan Diplomat di Rusia, 1996

Diplomat Korsel Choi Duk-geun dibunuh di Vladivostok, Rusia. Pemerintah menyatakan bahwa dia tewas karena dipukul. Namun, lubang di dada Duk-geun menunjukkan bahwa dirinya diracun.

Media Korsel menyebutkan, racun itu sama dengan yang dibawa 25 penyelam Korut yang tewas saat menyelinap masuk ke dekat Gangneung, Gangwon, Korsel, sebulan sebelumnya.

Saat itu, Korut diduga menyewa mafia Rusia untuk membalas dendam terkait kematian 25 penyelamnya.

Pembunuhan Keluarga di Seoul, 1997

Yi Han-yong, keponakan Sung Hye-rim, ditembak mati di depan rumahnya di Seoul. Sung Hye-rim adalah perempuan simpanan mendiang Kim Jong-il, pemimpin tertinggi Korut. Dua pelaku tidak pernah tertangkap.

Yi membelot sejak 1982 dan mempublikasikan buku berjudul Taedong River Royal Family yang mengungkapkan secara detail kehidupan Kim Jong-il.

Diduga, buku itu menjadi penyebab kematian Yi. Peluru yang ditemukan di tubuhnya sama dengan yang digunakan pasukan khusus Korut. Sebelum meninggal, Yi menggumamkan kata mata-mata.

Pembunuhan Pembelot Elite, 2010

Dua agen rahasia Korut yang menyamar sebagai pembelot ditangkap. Keduanya berencana membunuh mantan sekretaris Partai Pekerja Korut Hwang Jang-yop.

Dia membelot ke Korsel pada 1997. Hwang menjadi orang dengan jabatan tertinggi yang membelot ke Korsel.

Korut menyebut Hwang sebagai pengkhianat dan manusia sampah. Hwang meninggal enam bulan kemudian pada usia 87 tahun.

(The Guardian/jp/ca/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …

Karya yang Membuat Tanya

Gedung Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan akhirnya telah rampung dibangun. Bangunan yang akan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung …

Cinta Palsu Negeriku

‎Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja, sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, menempati peringkat …