Ini Penyebab Rambut Rontok pada Wanita

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com – Rambut rontok menjadi masalah serius bagi kaum hawa. Sebab bagi wanita, rambut adalah mahkota. Untuk itu, kita kenali sejumlah penyebab kenapa rambut Anda bisa rontok dan semakin menipis:


Stres

Berdasarkan situs Prevention, stres bisa memicu rambut rontok. Stres muncul bisa karena penyakit. Bisa juga karena suatu trauma.

Misalnya, habis mengalami operasi besar atau melahirkan di mana rambut rontok biasanya mulai terjadi pada minggu ke-6 sampai 3 bulan sesudahnya.

Jika Anda bisa menghindari stres, masalah rambut rontok bisa berakhir dengan sendirinya.

Diet Anda kacau

Setelah hormon seimbang dan Anda masih menghadapi masalah rambut rontok, itu biasanya diakibatkan oleh kekurangan gizi.

Jika tingkat mineral Anda rendah, tiroid tidak bisa berfungsi dengan baik. Ini menyebabkan rambut rontok yang bisa diatasi dengan suplemen zat besi.

Selain itu, jika Anda sedang sakit cenderung mengalami penurunan berat badan. Atau ketika Anda melakukan diet yang sangat ketat atau mengalami penurunan berat badan secara dramatis karena sakit, maka rambut cenderung menjadi menipis.

Kemoterapi

Kemoterapi tidak hanya menargetkan sel-sel kanker yang membelah dengan cepat, tetapi juga memengaruhi sel-sel dari folikel rambut Anda yang mengakibatkan rambut rontok.

Biasanya, rambut mulai tumbuh kembali beberapa minggu setelah pengobatan kemoterapi berakhir.

Estrogen Anda rendah

Kadar estrogen juga menurun selama menopause yang mengakibatkan rambut rontok. Tapi jika Anda lebih muda dan estrogen Anda rendah, dokter Anda mungkin akan memberikan Anda pil KB untuk meningkatkan tingkat hormon Anda.

Kadar androgen Anda tinggi

Pada beberapa wanita, rambut rontok mungkin disebabkan oleh adanya hormon androgen atau hormon laki-laki.

Hal itu mungkin terjadi turun-temurun atau karena kista ovarium, kehamilan atau menopause. Pil KB bisa membantu atau Anda mungkin perlu obat untuk memblocking androgen Anda.

Anda memiliki masalah kulit

Berbagai kondisi dermatologis bisa menyebabkan rambut rontok. Biasanya disebabkan oleh penyakit seperti alopecia areata, penyakit autoimun yang menyerang folikel rambut.(imn/fny/jpnn/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …