Ini Cara-cara Menyadap HP

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com – Dunia sering digemparkan dengan informasi sadap-menyadap. Bahkan sekelas presiden pun disadap.


Sebenarnya, sudah sejauh mana sih perkembangan teknologi sadap sekarang ini?

Pakar Kriptografi sekaligus Chairman Communicationg and Information System Security Center (CISSReC) Pratama Pershada menuturkan, metode penyadapan yang berkembang saat ini ada dua, yakni lawful interception dan tactical interception.

Dua medode itu menyadap handphone atau telepon dengan proses berbeda, tapi pada dasarnya mengambil semua data komunikasi.

Khusus untuk metode lawful interception, penyadapan harus berkerja sama dengan perusahaan provider.

Dengan kata lain, dalam prosesnya lawful interception penegak hukum harus bekerja sama dengan perusahaan provider dengan memasang server dan sejumlah peralatan tertentu.

Setelah itu, nomor handphone atau telepon yang menjadi target dimasukkan ke alat tersebut. Dan semuanya bisa terekam.

Canggihnya, alat sadap tersebut bisa merekam komunikasi dari puluhan hingga ribuan nomor handphone. ”Bisa 10 nomor handphone, 100 dan bahkan seribu orang,” sebutnya.

Bahkan, sama sekali tidak ada batasan kapasitas untuk peralatan tersebut. Ini bahayanya. Sehingga orang ratusan juta se-Indonesia bisa disadap dalam waktu bersamaan.

Memang perusahaan provider hanya memiliki call data recorder yang mendata history dari penggunaan telepon. Sehingga, tidak mengetahui isinya.

“Namun sekarang ini sudah ada IP Data Recorder,” kata dia.

Dengan IP Data Recorder, penggunaan handphone yang menelepon, SMS, chatting, membuka aplikasi tertentu, membuka media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain itu bisa ketahuan.

Semua data itu bisa tersadap ke dalam bentuk folder-folder tersendiri. Tentu penegak hukum kalau menyadap dengan cara satu ini harus bekerjasama dengan semua provider.

Nah, bagaimana dengan metode tachtical interception?

Loading...

loading...

Feeds

Belajar Madu di Kedai Lebah

POJOKBANDUNG.com, RANCABALI – Tak hanya menyiapkan sajian madu asli, Kedai Lebah di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali Kabupaten Bandung juga memberikan edukasi …