Yu, Ngintip Pameran Komunitas Sarekat Buku di Galeri Soemardja ITB

POJOKBANDUNG.com – Ada acara menarik nih di Bandung. Nama acaranya, Soemardja Book Fair  (SBF) yang digelar komunitas SarekatBuku, Bandung. SBF akan digelar di Galeri Soemardja FSRD ITB, 20-26 Februari 2017. Mari merapat.


Pengurus SarekatBuku yang juga koordinator SBF 2017, Indra Prayana, mengatakan SBF akan dihadiri 21 peserta yang terdiri dari toko buku, penerbit, zine, dan kaos. Acara ini dimeriahkan yang dihelat para pelapak buku dan Galeri Soemardja.

Sejumlah acara menarik yang dijadwalkan antara lain, diskusi dan bedah buku, diskusi filsafat, pembacaan puisi, diskusi penerbitan indie, musikalisasi buku, mengenang Kuntowijoyo, dan orasi kebudayaan yang akan disampaikan budayawan Seno Gumira Ajidarma.

Para penulis, musisi, dan budayawan yang akan hadir di antaranya Zaky Yamani, Frans Ari Prasetyo, Jakob Soemardjo, Sugiri Kusteja, Ajisaka, Fauz Noor, Senartogog, Yayat Sudaryat, dan Idris Apandi.

Indra mengatakan, acara ini mengusung sejumlah tujuan, khususnya terkait pengembangan iklim literasi di Kota Bandung.  Selain itu, SBF ingin kembali memperkenalkan sosok seniman Soemardja yang mungkin tidak banyak orang tahu.

Tujuan kedua, kata Indra, SBF sebagai ajang komunikasi antara pagiat buku dengan masyarakat secara luas. “Meskipun SBF digelar di dalam lingkungan kampus tetapi, kegiatan ini terbuka untuk umum,” terang Indra, melalui siaran pers yang diterima Pojokbandung, Jumat (17/2/2017).

Ketiga, kata dia, menjadikan SBF sebagai salah satu alternatif pameran atau bursa buku yang selama ini biasa digelar penerbit-penerbit besar. Keempat, SBF menjadi ajang para pegiat buku untuk mengaktualisasikan karya dan kiprahnya.

“SBF tidak sebatas ajang jual-beli antara pelapak buku dengan pembeli, namun juga di dalamnya akan berlangsung pameran koran atau surat kabar lawas yang terbit di Kota Bandung, baik surat kabar yang masih ada ataupun yang sudah tiada, sebagai bagian dari penanda zaman atas suatu peristiwa,” tuturnya.

Berikut Peserta Lapak Buku & Acara SBF 2017*:

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …