Untuk Para Ibu, Ini Tips Agar Anak Selangkah Lebih Maju

Netty Heryawan saat menjadi pembicara dalam Seminar Nasional dan Talkshow Bunda Ganesha Bandung di Aula Barat ITB, Jl. Ganesha No. 10 Bandung, Kamis (16/02/2017). (ist)

Netty Heryawan saat menjadi pembicara dalam Seminar Nasional dan Talkshow Bunda Ganesha Bandung di Aula Barat ITB, Jl. Ganesha No. 10 Bandung, Kamis (16/02/2017). (ist)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bunda PAUD Jawa Barat Netty Heryawan memaparkan ada empat aspek Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang harus dipenuhi, antara lain aspek kesehatan, aspek pendidikan, aspek pengasuhan dan aspek perlindungan.


Netty mengungkapkan hal tersebut di hadapan 475 orang tenaga pendidik PAUD, orang tua murid, akademisi dan pengamat pendidikan, pada Kegiatan Seminar Nasional dan Talkshow Bunda Ganesha Bandung dengan Tema “Kecerdasanku adalah Kehebatanku” di Gedung Aula Barat ITB, Jl. Ganesha No. 10 Bandung, Kamis (16/02/2017).

“Hari ini kita harus tampil untuk ikut berpartisipasi menghadirkan sebuah pembinaan stimulus pada anak,” kata Netty. “Paud hanya satu bagian kecil dari upaya yang harus dilakukan pada anak, agar tumbuh kembangnya senantiasa melejit,” lanjutnya.

Aspek kesehatan, ujar Netty, dapat dipenuhi dengan secara rutin membawa anak ke posyandu guna memonitor perkembangan fisik serta pemberian vitamin dan vaksin. Sedangkan aspek pendidikan tak selalu berhubungan dengan sekolah formal dan informal saja, melainkan juga dengan pengawasan orangtua pada saat anak sangat butuh bimbingan.

Contohnya dalam penggunaan gawai, maupun ketika anak pertama kali mengalami haid atau mimpi basah, orangtua lah yang semestinya memberikan pengertian pada anak tentang perkembangan fisiknya tersebut.

Kedua aspek lainnya, yakni pengasuhan dan perlindungan yang saling berkaitan, pun tak kalah penting. Orangtua tidak boleh membiarkan anak-anaknya diasuh oleh televisi, apalagi oleh internet yang semakin mudah diakses melalui handphone tanpa pengawasan, karena boleh jadi dari media-media tersebut anak terpengaruh untuk melakukan kekerasan, mencoba miras dan narkoba, hingga terjebak seks bebas dan penjualan orang (human trafficking).

Loading...

loading...

Feeds

Belajar Madu di Kedai Lebah

POJOKBANDUNG.com, RANCABALI – Tak hanya menyiapkan sajian madu asli, Kedai Lebah di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali Kabupaten Bandung juga memberikan edukasi …

DPRD Jabar Imbau Ponpes Taati Prokes

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketua Fraksi PKB DPRD Jabar M. Sidkon Djampi mengimbau para santri dan pengajarnya taati protokol kesehatan Covid-19. …

Kenaikan Sanksi Prokes Terbentur Pergub

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penerapan kenaikan sanksi denda untuk pelanggaran protokol kesehatan (prokes) sulit dilakukan. Musababnya, realisasi sanksi tersebut harus melakukan …