Pilkada Serentak, Ada 17 Kejadian Gangguan Kamtibmas

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com- Kendati keamanan selama Pilkada serentak di 101 daerah cukup kondusif, namun Polri memastikan adanya 17 kejadian yang mengarah pada gangguan keamanan. Walau begitu, belasan kejadian itu secara umum tidak menghambat proses pencoblosan.


Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divhumas Mabes Polri Brigjen Rikwanto menuturkan, 17 kejadian tersebut terjadi di sejumlah daerah. Misalnya, di Gorontalo yang terjadi pembakaran sebuah meja kerja di rumah salah satu pasangan calon. ”Yang dibakar meja dan sebuah laptop. Handphone juga diambil. Tapi, pelaku sudah diamankan,” tuturnya.

Ada juga di Halmahera Tengah yang terjadi percekcokan antara tim sukses pasangan calon. Saat itu ada orang yang tidak punya KTP tapi memaksa untuk melakukan pencoblosan. ”Tapi, kejadian itu berhasil diredam dan tidak mengganggu proses pencoblosan sama sekali,” terangnya.

Kejadian lainnya terjadi di Luwu Utara, dimana ditemukan orang yang akan mencoblos dengan KTP tertentu. Ternyata, setelah ditelusuri dia disuruh oleh seorang temannya. ”Semua sedang diproses ya,” ungkapnya.

Untuk belasan kejadian sisanya, didominasi oleh kejadian adanya orang yang memaksa mencoblos kendati tidak memiliki KTP atau KTPnya tidak sesuai lokasi. ”Tapi, semua sudah ditangani dan pencoblosan tetap lancar. Kejadiannya tersebar, tidak bisa disebutkan satu-satu ya,” ungkapnya.

Kalau di Jakarta juga ada satu kejadian kecil, dimana terjadi pemukulan di luar TPS. Saat ini kasusnya ditangani Polsek Jakarta Pusat. Tapi, itu masuknya ke pidana umum. ”Karena di luar TPS dianggap pidana umum,” ungkapnya.

Yang juga penting adanya 9 TPS di Sangihe Talaud, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara yang tertunda pencoblosannya. Hal itu dikarenakan kondisi cuaca yang sangat tidak bersahabat. ”Ombaknya enam meter, sehingga kapal yang akan mengirim kotak suara tidak bisa berangkat,” ujar Rikwanto.

Loading...

loading...

Feeds

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …