Pemilih di Pilkada Serentak Harus Pastikan Sudah Terdata di DPT, Selamat Mencoblos!

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com- MASYARAKAT dinilai penting mengecek kembali daftar pemilih tetap (DPT), untuk memastikan namanya telah terdaftar sebagai pemilih menjelang pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 yang digelar serentak di 101 daerah.


“Jika belum (terdata di DPT, red) pemilih dapat langsung menghubungi petugas, untuk memastikan bagaimana bisa menggunakan hak pilihnya dengan syarat yang ditentukan,” ujar Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Masykurudin Hafidz.

Menurut Masykurudin, mengecek DPT juga penting dilakukan, tidak hanya memastikan nama pemilih telah terdata secara pribadi. Namun juga untuk memeriksa nama anggota kerabat lainnya.

“Jadi pemeriksaan bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga bisa memeriksa data bagi orang lain. Selain itu, juga pastikan kelengkapan dokumen,” ucap Masykurudin.

Kelengkapan dokumen, kata Masykurudin, penting untuk memudahkan proses pemungutan suara nantinya. Baik itu KTP maupun surat keterangan dan surat pemberitahuan memilih.

“Proses pemungutan dapat semakin mudah dengan kedua dokumen tersebut. Jika belum menerima surat pemberitahuan memilih atau biasa disebut surat undangan, dapat menghubungi petugas pemilihan setempat. Tapi tanpa surat undangan pun sesungguhnya juga bisa menggunakan hak pilih di TPS,” pungkasnya.(gir/ca/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …