Mobil Terbang Siap Beredar Tahun Depan

Pesan sekarang, dikirim 2018. (PAL-V)

Pesan sekarang, dikirim 2018. (PAL-V)

POJOKBANDUNG.com- Mobil terbang kini bukan lagi angan-angan. Perusahaan asal Belanda PAL-V tengah memproduksi si mobil terbang alias girokopter tersebut.


Pemesanan sudah bisa dilakukan. Namun, pembeli baru bisa mendapatkannya pada akhir 2018. Girokopter yang diberi nama Liberty itu sudah memenuhi standar untuk terbang maupun berjalan di jalanan Eropa dan Amerika Serikat (AS).

“Setelah kerja keras selama bertahun-tahun, menaklukkan tantangan teknis dan kualifikasi, tim kami sukses menciptakan mobil terbang inovatif yang sesuai dengan standar keselamatan yang ditentukan oleh lembaga-lembaga yang membuat kebijakan di seluruh dunia,” ujar CEO PAL-V Robert Dingemanse.

PAL-V Liberty adalah girokopter bermesin ganda. Satu untuk terbang dan lainnya untuk berkendara di darat. Saat dikendarai di jalan, panjangnya hanya 4 meter dan tinggi 1,7 meter, hampir sama dengan umumnya mobil biasa.

Namun, saat terbang panjangnya 6,1 meter dengan tinggi 3,2 meter. Ketika menyusuri jalanan, baling-baling Liberty yang terletak di belakang tersembunyi di dalam kendaraan. Sedangkan baling-baling di bagian atas terlipat rapi di atas mobil.

Perubahan dari mode darat ke udara hanya membutuhkan waktu 5–10 menit. Pengemudi harus melakukan sedikit usaha untuk membuat Libery terbang. Tiang untuk baling-baling bagian atas memang naik otomatis.

Namun, tidak demikian halnya dengan baling-baling bagian belakang. Pengemudi harus keluar dan menariknya dulu. Begitu siap, pengendara bisa langsung terbang dengan ketinggian maksimal 3.500 meter. Untuk terbang dan turun, pengendara harus mencari lahan kosong seluas 90–200 meter.

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …