Ternyata Ini Alasan yang Bikin Remaja Tertarik Rayakan Pesta Valentine

POJOKBANDUNG.com- Hari kasih sayang (Valentine) dirayakan setiap 14 Februari. Valentine identik dengan remaja. Para remaja sering merayakan momen ini bersama kekasih dengan nonton bioskop, makan di restoran, hingga memberikan hadiah.


Cokelat, bunga, boneka, menjadi benda yang paling dicari setiap Valentine. Hadiah ini menjadi hal manis yang diberikan sebagai simbol kasih sayang. Psikolog Anak dan Remaja Universitas Indonesia (UI) Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengatakan usia remaja identik dengan mulai munculnya ketertarikan pada lawan jenis. Masa remaja erat kaitannya dengan perayaan Valentine.

“Sehingga momen-momen seperti Valentine menjadi kesempatan untuk para remaja memanfaatkannya sebagai momen ekspresi rasa ketertarikan ini,” katanya.

Selain itu, kata Vera, ada juga faktor lain yaitu mengikuti tren. Hal ini dilakukan demi pembentukan konsep diri. Remaja memiliki kecenderungan untuk mengikuti tren di dalam kelompok pergaulannya.

“Sehingga remaja tetap merasa menjadi bagian dari kelompok tersebut. Menjadi bagian dari kelompok tertentu penting bagi pembentukan konsep diri remaja,” tegasnya.

Adanya peluang ini dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk membuat berbagai promo Valentine. Misalnya pusat perbelanjaan atau pelaku kuliner menyiapkan menu khusus Valentine dengan konsep menu pasangan.

Vera menilai, jika remaja ingin merayakan Valentine, bisa dilakukan dengan tidak berlebihan dan masih sesuai dengan batasan norma sosial, asusila dan agama. Masa remaja menganggap hal ini menarik karena mengikuti tren yang terjadi.

“Selama tidak berlebihan dan masih sesuai dengan batasan, toh mengungkapkan rasa sayang tidak harus menunggu Valentine juga,” tegas Vera. (cr1/jpg/ca)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …