Besok Pilkada, 2 Ribu Lebih Warga Cimahi Belum Rekam E-KTP

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Jawa Barat, Abas Basari

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Jawa Barat, Abas Basari

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Jawa Barat, Abas Basari mengatakan, salah satu syarat seorang warga bisa menyalurkan hak politiknya pada Pemilu yaitu kepemilikan e-KTP.


Namun karena pada Pilkada serentak 15 Februari 2017 masih ada puluhan ribu warga yang belum bisa memiliki e-KTP karena terkendala ketersediaan blanko, maka pemerintah memperbolehkan hanya dengan bekal surat keterangan (suket) yang dari dinas kependudukan masing-masing daerah.

“Karena ada permasalahan blanko, jadi dibolehkan dengan suket, surat keterangan,” ungkap Abas, usai pertemuan dengan Komite 1 DPD RI, di Gedung Sate, Bandung, Selasa (14/2/2017).

Untuk Kota Cimahi dan Tasikmalaya, dia memastikan cukup aman, tidak ada permasalahan yang berarti terkait e-KTP karena telah diatasi dengan suket secara kolektif. Namun untuk Kabupaten Bekasi, ada 45.165 pemilih yang sudah disiapkan suketnya secara kolektif, tetapi dikhawatirkan tidak semua warga  mengetahui.

“Nah itu bagaimana KPU memberitahukan kepada masyarakat yang suketnya itu kolektif, karena harusnya suket itu kan perorangan. Karena fungsi suket itu bukan hanya untuk pilkada saja, untuk keperluan lain juga,” ujar Abas.

Namun, lanjut dia, pihaknya sudah mencarikan jalan keluar agar para camat dan lurah di Kabupaten Bekasi memberitahukan secara aktif. “Yang dikhawatirkan masyarakat tidak tahu ada suket kolektif,” katanya.

Dari 45ribu warga Kabupaten Bekasi itu, lanjut dia, sekitar 20ribu warga sudah mengikuti perekaman e-KTP. Mengeluarkan suket tidaklah sulit karena mengacu pada data base kependudukan.

Loading...

loading...

Feeds

Energi Postif Moonraker untuk Kemajuan Daerah

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Bukan lagi zamannya ugal-ugalan dijalanan. Apalagi melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Stigma negatif …