Aher Telusuri Pedalaman Garut, Tinjau Warga yang Butuh Jembatan Penyeberangan Sungai

Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan melintasi jembatan gantung yang berada di Kampung Cirinu, Desa Pasirlangu, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut. (ist)

Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan melintasi jembatan gantung yang berada di Kampung Cirinu, Desa Pasirlangu, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut. (ist)

POJOKBANDUNG.com, GARUT – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Minggu (12/2/2017) menyambangi Kampung Cirinu, Desa Pasirlangu, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, untuk memastikan kondisi daerah setempat yang sangat membutuhkan fasilitas jembatan penyeberangan sungai.


Gubernur yang akrab disapa Aher ini tergerak ke daerah terpencil tersebut setelah dirinya mengetahui dari media sosial tentang proses pembangunan rawayan atau jembatan gantung yang dibangun oleh komunitas Vertikal Rescue Indonesia.

Aher mengaku, dirinya tergerak karena banyaknya anak sekolah yang terpaksa harus menempuh jalan kaki hampir satu jam untuk mencapai sekolah. Mereka berjalan kaki setiap hari karena tidak mungkin nekat menyeberangi sungai.

“Itulah yang sekarang sedang kami pikirkan, membangun konektivitas lewat jembatan sederhana,” kata Aher, usai meninjau pembangunan rawayan oleh komunitas Vertical Rescue Indonesia.

Aher datang bersama rombongan yang terdiri dari Kepala Dinas Binamarga dan Tata Ruang Jabar M. Guntoro, Kepala Dinas Pemukiman dan Perumahan Jabar Bambang Rianto, dan Bupati Garut Rudy Gunawan. Mereka harus menyusuri lembah untuk mencapai.

Menurutnya, meski jembatan rawayan terbilang berdimensi kecil, tetapi memiliki dampak cukup besar, mempermudah mobilisasi masyarakat antar kampung. Tentunya, akan meringankan para siswa untuk menuju sekolah, tak perlu lagi memutar menempuh jarak lebih jauh.

Aher juga mengapresiasi upaya Vertical Rescue Indonesia yang berniat membangun 1.000 rawayan dengan dana dari sumbangan para donatur. Dia menilai program yang diusung komunitas ini cocok dengan program pembangunan Pemprov Jabar.

Akhirnya, Aher memutuskan kerjasama dengan Vertival Rescue Indonesia untuk membangun rawayan. Dana yang mereka kumpulkan akan dipadukan dengan dana yang dianggarkan Pemprov Jabar.

“Supaya lebih optimal. Ternyata mereka dengan keterbatasan dana yang ada, rupanya memiliki kemampuan teknis yang luar biasa dalam membangun rawayan,” katanya. (atp/pojokbandung)

 

 

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …