Pilgub Jabar Pengaruhi Jadwal Pembahasan Delapan Raperda di DPRD

Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwa‎dewi Sundari

Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwa‎dewi Sundari

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – ‎DPRD Jawa Barat mulai menyiapkan jadwal pembahasan Raperda untuk kuartal pertama tahun 2017 ini. Ada tujuh Raperda usulan Pemprov Jabar dan satu Raperda inisiatif DPRD yang akan dibahas.


Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwa‎dewi Sundari mengatakan, pembahasan agenda kerja Dewan itu dibahas hari ini (Senin, 13/2/2017) di ruang Badan Musyawarah (Banmus).

“Ini kan rapat Banmus terkait penjadwalan DPRD. Tadi kami meminta biro hukum terkait Perda Perda yang akan dibahas di kuartal pertama,” kata Ineu, usai memimpin rapat Banmus.

Dijelaskan, sampai hari ini pihaknya belum menentukan jadwal pembahasan ketujuh Raperda itu secara detail. Terkait itu, Badan Pembentukan Perda mendapat tugas mendalami Perda yang akan dibahas.

“Ada Raperda usulan gubernur, tapi sampai hari ini kami belum tentukan. Insya Allah sampai bulan Maret dimulai‎ , dan BP Perda sedang kami tugaskan untuk mendalami Perda Perda yang akan dibahas,” papar Ineu.

Dalam rapat Banmus itu juga dibahas tentang agenda reses‎. Direncanakan sebelumnya, kunjungan kerja para anggota Dewan menemui para konstituenya itu pada Februari ini. “Insya Allah akan dilaksanakan 21-28 Februari mendatang,” katanya.

Sedangkan, agenda Citra Bakti atau tinjauan anggota legislatif ke daerah, lanjut Ineu, akan dilaksanakan pada bulan Maret. “Pihak eksekutif sendiri, tiap OPD yang mengusulkan raperda mohon menyiapkan ‎naskah akademis dan kesiapan teknisnya,” pinta Ineu.

Ineu berharap, pembahasan Raperda ini jangan sampai ditumpuk di akhir, tetapi di kuartal satu atau dua sudah bisa dibahas. Pasalnya, tahun 2017 ini sudah mulai memasuki proses pemilihan gubernur-wakil gubernur 2018, yang dipastikan akan sangat menyita waktu.

“Yang urgent yang harus didahulukan,” tegasnya.

Selain tujuh Raperda usulan gubernur, kata Ineu, akan dibahas pula Raperda inisiatif DPRD tentang kesehatan jiwa. Persiapan Raperda ini sudah memasuki tahap akhir pembahasan.

“‎Sudah siap untuk dibahas. Insya Allah nanti Sekwan juga akan menjadwalkan bersamaan dengan Perda yang dari eksekutif bersamaan dengan LKPJ di kuartal pertama ini,” jelasnya. (atp/pojokbandung)

 

Loading...

loading...

Feeds

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …