Oktober 2019, Bandung-Sumedang Sudah Bisa Lewat Tol

Proyek Tol Cisumdawu

Proyek Tol Cisumdawu

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) terus digenjot. Untuk seksi I dan II ditarget rampung 2019 mendatang.


“Diharapkan kontruksi 36 bulan, Oktober 2019 sudah beroperasi,” ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa di Bandung, Senin (13/2/2017).

Untuk seksi III sampai VI, rencananya akan dibangun lebih cepat dengan target beroperasi April 2019. Satuan Kerja (Satker) Proyek Pembangunan Tol Cisumdawu saat ini terus melakukan percepatan pembangunan mengingat mendesaknya kebutuhan akselerasi pergerakan orang dan barang antar wilayah.

“Tol Cisumdawu bisa meningkatkan perekonomian, kapasitas jalan, melengkapi jalan tol Bandung-Jakarta-Cirebon, terkoneksi dengan Bandara Kertajati, dan sebagai jalur alternatif Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang dan pemecah kemacetan wilayah pendidikan Jatinangor,” papar Iwa.

Iwa menjelaskan, panjang seksi I tol Cisumdawu sekitar 12,025 km, dari interchange Tol Cileunyi sampai ke Rancakalong, Kabupaten Sumedang. Seksi II panjang sekitar 17,05 km, dan seksi III hingga seksi enam panjangnya mencapai 32,8 km.

“Sehingga total panjangnya 61,1 kilometer lebih, sampai ke interchange Dawuan di kilometer 152 Tol Cipali,” katanya.

Menurutnya, khusus untuk seksi I dan II Tol Cisumdawu pembangunannya akan menggunakan APBN dan pinjaman dari Pemerintah China. (atp/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …