Andi Malarangeng di Sukamiskin.. Ingin Buku Soal Gaple yang Sedang Ditulisnya Launching sebelum Bebas

Andi Mallarangeng (tengah) mengisi hari-harinya di Lapas Sukamiskin dengan berbagai kegiatan.

Andi Mallarangeng (tengah) mengisi hari-harinya di Lapas Sukamiskin dengan berbagai kegiatan.

POJOKBANDUNG.com- Mantan Menpora Andi Alifian Mallarangeng tetap berkarya meski berada di balik jeruji penjara. Sebuah buku disiapkannya sebelum bebas. Selama di lapas, Andi Mallarangeng juga terus melakukan rutinitasnya. Baca buku.


Tak ketinggalan baca koran setiap hari. Dengan begitu, ia merasa tetap tahu perkembangan dunia luar. Sebelum bebas, dia juga punya satu obsesi. Ingin buku yang saat ini ditulisnya bisa launching. Buku tersebut berbicara soal permainan gaple. “Sekarang sedang proses. Semoga bisa rampung sebelum keluar (bebas, red),” kata dia.

Ia tertarik menulis soal gaple. Alasannya, selama ini belum ada buku khusus soal itu. Jika permainan catur sudah ada konsep dan pola permainannya, maka gaple berbeda. Banyak permainan yang bisa dilakukan dengan kartu domino tersebut. “Jadi saya menulis soal sejarah gaple itu. Cara bermain, trik, dan taktik bermain,” ungkapnya.

Ia tak lupa membeberkan karakter tahanan di Sukamiskin. Menurutnya, banyak hal positif yang bisa dilakukan di dalam lapas. Tetapi ada juga warga binaan yang selalu mengurung diri di kamar saja. “Kalau seperti saya, Pak Wali, dan beberapa lainnya senang di luar. Saung, masjid , dan tempat lainnya,” ujarnya.

“Ada juga yang mengurung diri saja. Nah, kalau yang seperti itu kadang dia menangis, lalu teriak-teriak. Yang paling parah kalau ke masjid. Kita kan hadap kiblat ke Barat. Nah, ada yang menghadap Timur. Ini sudah parah sekali berarti,” lanjutnya. Lama berbincang soal kehidupan di lapas, penulis diajak mengunjungi kamar bekas sel Presiden RI pertama, Soekarno.

Kebetulan, sore itu ada beberapa anggota Komisi D DPRD Sulsel yang juga menjenguk. Sekalian sama-sama ke sana. Ilham sebelumnya minta izin ke petugas lapas. Memang tak bisa sembarangan sel tersebut dikunjungi.

Kami ditemani seorang petugas lapas bernama Didin K. Letak lapas tersebut berada di Blok Timur. Posisinya tepat di atas tangga sebelah kiri, lantai dua. Nomornya TA 01. Nah, kamar yang tak lagi dihuni tersebut berada persis di depan kamar Andi Mallarangeng. Tetapi kami tak mengunjungi kamarnya. Hanya di kamar Soekarno saja.

Loading...

loading...

Feeds

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …