Pria Ini Rela Lepas Status PNS dan Jual Gorengan daripada Terlibat Pungli

Agus Junaedi di sela kesibukannya berjualan gorengan setelah memilih meninggalkan status PNS.

Agus Junaedi di sela kesibukannya berjualan gorengan setelah memilih meninggalkan status PNS.

Langkah pengunduran diri dari profesi itu betul-betul ada di luar nalar rekan-rekan kerjanya. Bahkan tetangganya merasa Agus gila dan pikirannya sudah tak masuk akal. Bayangkan saja, di luar gaji bulanan ia masih bisa mendapat uang ‘panas’ dari kantornya sebesar Rp 10 juta yang diterima per triwulan.


“Di luar gaji pokok PNS sekitar Rp 2,2 juta, saya selalu dapat setoran uang dari sana sini di tiap dinas yang ingin menggolkan proyek atau program kegiatan. Walau hasil yang didapat sangat lumayan tapi keputusan untuk resign dari PNS sudah bulat, ingin penghasilan lebih halal,” lanjut pria kelahiran 9 Agustus 1962 ini.

Sesudah resign dari PNS, dia masih punya warisan tanah lalu dijual untuk modal buka koperasi. Tapi koperasi macet di tengah jalan, modal Rp 200 juta dari uang penjualan tanah habis semua.

Selepas itu Agus belum putus asa. Saat ada temannya yang mengajak bergabung mengurus koperasi, ia langsung tertarik. Lagi-lagi, karena tidak sreg dengan keyakinannya ia mundur dari pengurus koperasi dan banting setir jadi pedagang gorengan sejak akhir tahun 2015 lalu.

“Saya mulai berdagang gorengan sejak akhir tahun 2015, kalau jadi pengecer koran baru dilakukan awal tahun ini. Sehari-hari penghasilan tak tentu, paling tinggi sekitar Rp 150 ribuan,” tuturnya. Dengan keputusan itu Agus merasa lebih tenang. Pendapatan yang ia dapatkan lebih halal untuk keluarganya. (man/yuz/jpg/Eko Setiono/Pasundan Ekspres)

Loading...

loading...

Feeds