Indonesia Terhubung Internet di Tahun 2019

Ilustrasi internet global

Ilustrasi internet global

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara menegaskan bahwa pemerintah, saat ini, sedang menyiapkan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung kemajuan industri media nasional.


Rudiantara mengatakan, teknologi komunikasi dan informasi semakin hari semakin maju. Dan itu menjadi tantangan tersendiri untuk para pelaku media nasional. ”Tantangan pasar global yang saat ini semakin mengarah pada sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK),” katanya melalui keterangan resmi.

Rudiantara menambahkan, keseriusan pemerintah untuk mendukung kemajuan industri media dibuktikan dengan proyek Palapa Ring. Proyek tersebut merupakan proyek pembangunan jaringan infrastruktur telekomunikasi serat optik yang menghubungkan seluruh wilayah Indonesia dalam jaringan internet. Menurut Rudiantara, jika tidak ada halangan, proyek tersebut rencananya akan rampung pada 2019.

”Harus diterapkan affirmative policy. Maka, kita bangun Palapa Ring sebagai tol informasi berbasis jaringan fiber optik yang harus masuk sampai Natuna, Miangas, dan lainnya yang sangat strategis,” tegas Rudiantara.

Di samping membangun kesiapan infrastruktur, lanjutnya, yang perlu dipastikan adalah jangan sampai saat infrastruktur siap, justru pihak asing yang lebih mengambil pangsa pasar konten. Rudiantara menuturkan, pihaknya memang tidak punya kewenangan untuk melakukan pembatasan. Namun, dia berjanji akan terus mendoronf equal treatment dan equal level antara OTT global dan OTT nasional.

”Setidaknya dalam customer service, data protection, fiskal atau pajak,” katanya Rudiantara.

Selain tantangan infrastruktur, Rudiantara juga melihat ada dua tantangan lainnya. Yakni tantangan kreativitas, termasuk bagaimana pemanfaatan datawarehousing dan datamining oleh pelaku usaha nasional, serta tantangan regulasi di mana kita sendiri harus mampu menyiapkan regulasi, namun harus bersifat less regulation.

Rudiantara juga menyampaikan bahwa dengan makin mulusnya jalan mendapatkan informasi lewat internat, masyarakat harus lebih pintar memilah informasi. Masalah maraknya berita hoax yang menyebar lewat internet menjadi pekerjaan rumah bersama yang harus segera diselesaikan. ”Upaya untuk memerangi hoax ini tidak hanya menjadi tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat, dan harus juga muncul dari rekan-rekan blogger dan netizen,” kata Rudiantara. (and)

Loading...

loading...

Feeds

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …