Rentan Terjadi Kebakaran, Warga Bojongloa Kidul Gelar Pelatihan Ini

Warga saat mengikuti latihan penanggulangan kebakaran. (muwarni)

Warga saat mengikuti latihan penanggulangan kebakaran. (muwarni)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Berpenduduk padat, Kecamatan Bojongloa Kidul menggelar penyuluhan dan pelatihan kebakaran bagi warga.


“Pesertanya sekitar 150 orang warga yang antusias mengikuti pelatihan ini,” ujar Camat Bojongoa Kidul Aniya Rachmawati kepada wartawan, Rabu (8/2).

Kecamatan Bojongloa Kidul sendiri berpenduduk 73.690 jiwa, dengan luas wilayah 590,75 hektare, yang terdiri atas 6 kelurahan, 44 RW dan 261 RT.

“Mengingat kami merupakan wilayah padat penduduk yang rentan terjadi kebakaran,” tambahnya.

Karenanya meski tahun lalu hanya terjadi satu kali kebakaran di kawasan tersebut, pelatihan dan penyuluhan penanggulangan kebakaran tetap mutlak diperlukan.

“Sangat penting mengadakan latihan simulasi, karena kita tidak tahu kapan akan terjadi kebakaran,” katanya.

Jika kebakaran sampai terjadi maka akan timbul kerugian dan korban jiwa.

“Hakikatnya hal-hal yang merugikan itu, yang kita cegah dengan latihan kebakaran ini,” tambahnya.

Aniya mengatakan, penting mengedukasi masyarakat tentang penanggulangan kebakaran dan hal-hal yang harus dilakukan untuk mencegah kebakaran.

“Pasalnya, masyarakat adalah yang pertama kali mengetahui adanya kebakaran dan yang mengatasi kebakaran itu sendiri,” tambahnya.

Harapannya, dengan digelar latihan ini, bisa mencegah terjadi kebakaran. Kalaupun sempat terjadi kebakaran, diharapkan masyarakat bisa mengatasi dengan segera.

“Karenanya, ke depan bukan hanya masyarakat yang kami latih. Tapi juga petugas RT, RW kelurahan dan untuk anggota LPM,” paparnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds