Pemprov Bangun Jalan dari Pesisir Palabuanratu Tembus Ujunggenteng

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemprov Jabar bersiap membangun jalan tepi pantai selatan di Kabupaten Sukabumi, dari pantai Palabuhanratu tidak sampai Ujunggenteng. Pembangunan ini akan menjadi pelengkap infrastruktur untuk kawasan Geopark Nasional Ciletuh yang tengah diupayakan menjadi Geopark Dunia.


“Kita ingin membangun tepi pantai sampai ke ujunggenteng. Kalau ini jadi, menjadi jalan atau akses pertama yang dibangun di kawasan Geopark Ciletuh-Palabuanratu,” ujar Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher), usai Rapat Pimpinan, di Gedung Sate, Bandung, Senin (6/2/2017).

Dikatakannya, akses jalan yang hendak dibangun itu sepanjang 33 kilometer. Jika sudah rampung dibangun, wisatawan bisa menikmati keindahan biodiversity dan geodiversity darat dan laut di sepanjang pantai tersebut.

“Nanti menikmati geopark itu kan sepanjang jalan bisa di bentang alamnya, bisa di puncak darma (Geopark Ciletuh) melihat dari kejauhan pantai dan bentang alam, bisa di panenjoan khusus bentang alamnya. Bisa juga lewat jalan-jalan itu, lewat jalan Loji-Palangpang-Ujunggenteng, tapi itu lewat pantainya,” papar Aher.

Disinggung soal proses pemenuhan syarat Geopark Dunia atau Global Geopark, menurutnya segala persyaratan yang telah diberikan oleh Tim Penilai Unesco sudah dan tengah dalam proses pemenuhan. Dengan begitu, dia mengaku optimistis Geopark Nasional Ciletuh Pelabuan Ratu (GNCP) akan menjadi Global Geopark akan terwujud.

Seperti diketahui, Pemprov Jabar tengah membangun berbagai sarana kelengkapan Global Geopark, di mana penilaian dari Unesco dijadwalkan paling telat awal April 2017. Beragam produk itu di antaranya ketersediaan akses jalan dengan kelengkapan rambu-rambu, tourism information center, gapura, MCK, dan sejumlah sarana lainnya. (mun)

Loading...

loading...

Feeds

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …