BPK: Denda Proyek Pemprov Jabar Belum Diproses, Ini Potensi Kerugian Negara

ist

ist

POJOKBANDUNG. com, BANDUNG – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Barat menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) semester II Tahun 2016 Tahap II atas Kinerja dan PDTT pada Pemprov Jabar, Senin (6/2/2017).


Kasub Auditorat BPK Jabar, Emmy Mutiarini mengatakan, BPK menyoroti masalah pasca proyek infrastruktur di tubuh Pemprov Jabar. Sebab, kebanyakan pada proyek ini terdapat potensi kerugian daerah karena tidak diambilnya denda keterlambatan proyek atau selisih nilai proyek dengan hasil pemeriksaan di lapangan.

“BPK memeriksa di lapangan misalnya kualitas jalan, terlihat berapa selisih dari nilai kontrak dengan nilai pekerjaan. Ada lagi masalah denda. Jadi ada pekerjaan yang tidak diselesaikan, akhir tahun harus dikenakan denda. Ini belum diproses,” kata Emmy, di Gedung BPK Perwakilan Jawa Barat, Jalan Moch Toha, Kota Bandung.

Pada kesempatan itu, Pemprov Jabar menerima LHP kinerja atas manajemen aset, pemenuhan sarana dan prasarana dalam rangka peningkatan akses pendidikan dasar dan menengah yang berkualitas serta pemeriksaan dengan tujuan tertentu atas belanja daerah.

Selanjutnya Emmy mengatakan, pihaknya tidak mengetahui secara detil besaran nilai potensi kerugian tersebut. Dia hanya menyebutkan hampir rata-rata di semua proyek yang dilakukan Pemprov Jabar selama 2016, belum memproses denda serta selisih nilai proyek.

“Untuk laporan pemeriksaan belanja pasti punya kekurangan fisik yang tidak sesuai dengan nilai kontrak dan ada denda dan jaminan yang belum dicairkan,” papar Emmy.

Dengan begitu, lanjut dia, jika Pemprov Jabar tidak menindaklanjuti, uang yang harusnya masuk ke kas daerah akan hangus dan menjadi kerugian pemerintah itu sendiri.

Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menegaskan, pihaknya segera menindaklanjuti rekomendasi BPK guna menghindari potensi kerugian negara.”60 hari, semoga kita bisa bereskan temuan dan arahan dari BPK,” tegas Deddy. (mun)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …