Aset Daerah Diusulkan Jadi Obyek Pengawasan Komisi III

DPRD Jabar

DPRD Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Komisi III DPRD Jabar akan mengusulkan persoalan aset daerah di bawah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Jawa Barat dipindahkan ke Komisi III sebagai mitra kerjanya. Sebelumnya, masalah aset ini menjadi pantauan Komisi I.


Ketua Komisi III, Didi Sukardi mengatakan, pihaknya segera mengajukan usulan itu ke pimpinan dewan. Alasan usulan itu, karena pengelolaan aset mulai 2017 ini satu naungan dengan keuangan.

“Dulu aset dan keuangan kan terpisah di masing-masing biro. Mitra kerjanya juga beda, aset dengan komisi satu dan keuangan dengan komisi tiga. Tapi mulai 2017 ini kedua biro ini menjadi satu badan. Maka agar lebih efektif, aset dan keuangan mitra kerjanya satu aja di komisi tiga,” papar Didi, di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro Bandung, Selasa (7/1).

Keinginan itupun, lanjut dia, juga sudah disampaikan ke kepala BPKAD beserta jajarannya dalam rapat kerja yang digelar hari ini. “Kita mau ngusulin ke pimpinan agar tatib (tata tertib)-nya berubah menjadi mitra komisi tiga, supaya henteu jungjet (tidak tarik-menarik)” katanya.

Maka, tegas Didi, pihaknya sampai saat ini belum begitu menguasai persoalan aset daerah, termasuk isu soal sorotan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jabar soal pengelolaan aset daerah yang masih acak-acakan. Temuan BPK itu diketahui melalui Laporan Hasil Pemeriksaan semester II tahun 2016 tahap II atas kinerja dan PDTT pada Pemprov Jabar, pekan lalu.

“Memang masalah aset, nilainya ada tapi asetnya ke mana, selalu jadi sorotan BPK,” ujar Didi membenarkan.

Dia berharap, dengan disatukannnya keuangan dengan aset dalam satu badan, bisa memperbaiki kinerja dan sistem pengadministrasian sehingga tidak lagi menjadi sorotan BPK. (mun)

Loading...

loading...

Feeds

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …