Awas! Konflik SARA Pecah, Indonesia Bisa Lebih Hancur dari 98

Rizal Ramli

Rizal Ramli

POJOKBANDUNG.com- Konflik berlatar SARA bisa membuat ekonomi Indonesia betul-betul hancur. Ekonom senior, Rizal Ramli memprediksi perekonomian Indonesia bahkan akan lumpuh sampai minus lima hingga delapan persen.


“(Kalau ada krisis lagi) ekonomi kita bisa mundur sampai delapan tahun dan akan lebih parah dari krisis di tahun 98,” ungkap Rizal, Jumat (3/2/2017).

Rizal menjelaskan, saat diterjang krisis 98, ekonomi Indonesia lebih mudah bangkit. Karena pada tahun itu meski krisis dari segi moneter atau finansial, harga komoditas masih terbilang tinggi.

“Makanya dulu masyarakat di luar Jawa yang ekonominya bergantung pada komoditas makmur. Sekarang ekonomi kita tidak begitu. Komoditi kita belum bangkit,” kata mantan Menko Maritim dan Sumber Daya itu

Makanya di era pemerintahan B.J Habibie, perbaikan ekonomi bisa mudah digenjot dari minus 13 persen menjadi minus lima persen. Berlanjut terdongkrak ke positif 14 persen di masa Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

“Jadi bukan hal yang mudah. Kalau sekarang konflik SARA pecah, ekonomi kita akan jauh lebih sulit bangkit dibanding krisis tahun 98,” terang Rizal. (wid/rmo/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds