Belum Ada Role Model, Pemuda Butuh Pendidikan Entrepreneurship

Anggota DPRD Jabar, Yunandar Eka Prawira (kiri)

Anggota DPRD Jabar, Yunandar Eka Prawira (kiri)

POJOK BANDUNG.com, BANDUNG – Kondisi masyarakat, termasuk kalangan muda dinilai cukup rentan di tengah kisruhnya situasi politik saat ini, khususnya menyangkut produktivitas mereka.


Anggota DPRD Jabar, Yunandar Eka Prawira menekankan, persoalan ini harus segera diatasi dengan menerapkan konsep ekonomi yang benar-benar terarah berlandaskan pada konsep enterpreneurship.  Konsep inilah menurutnya yang paling relevan dengan perkembangan global saat ini.

“Semua anak muda terutama di negara-negara maju sekarang menjalani enterpreneurship. Mereka telah membuktikan bahwa itu semua bisa dilakukan, bahwa itu sangat signifikan bahkan mampu mempengaruhi perekonomian dunia,” papar Yunandar, usai Diskusi Pemuda Jawa Barat, yang diinisiasi oleh Lingkar Studi Informasi dan Demokrasi (eLSID), di Bandung, Kamis (3/1).

Artinya, lanjut dia, dalam situasi apapun peluang harus ditangkap oleh anak muda Indonesia, Jawa Barat khususnya sebagai satu kesempatan sekaligus sebuah prospek ke depan. “Jangan hanya anak muda itu bicara kegiatan, kegiatan, kongkow, tapi tidak menghasilkan sesuatu yang produktif buat dirinya maupun masyarakat sekitar,” tegas Yunandar.

Namun dia mengakui, untuk mencapai produktivitas itu tidaklah mudah karena tidak sedikit pola pikir atau mindset generasi muda yang belum mandiri, masih bergantung ke pemerintah atau pihak lain. Sedangkan pemerintahnya sendiri sampai sejauh ini belum mampu menciptakan suatu ekosistem wirausaha yang berkesinambungan.

“Itu sebenarnya yang mau saya coba untuk mengubah pola pikir anak muda tentang produktivitas melalui enterpreneurship sebagai medianya.  Sebab ekosistem berwirausaha itu tidak terciptakan atau tidak dikondisikan dengan baik oleh pemerintah,” tegasnya.

Loading...

loading...

Feeds