Ini Reaksi Keras MUI Ketika Ma’ruf Amin Dihina Ahok

ist

ist

POJOKBANDUNG.com- Majelis Ulama Indonesia (MUI) bereaksi keras terhadap tindakan terdakwa kasus dugaan penistaan agama, Basuki Purnama (Ahok), yang memojokkan Ketua Umum MUI, KH Ma’ruf Amin, saat persidangan Ahok berjalan.


“Dalam proses persidangan perkara, Saudara Ahok telah memperlakukan saksi (Ma’ruf Amin) dengan tidak mengindahkan nilai etika dan kesantunan mengingat saksi adalah seorang ulama yang jadi panutan Islam, “kata Wakil Ketua Umun MUI, Zainut Tauhid Sa’adi, saat jumpa pers sikap resmi lembaganya, di kantor MUI, Jakarta Pusat, Kamis (2/2).

Atas dasar itu, MUI meminta Komisi Yudisial (KY) memantau proses persidangan Ahok untuk menegakkan etika persidangan. MUI menilai hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara tidak tegas.

“Tim pengacara dan terdakwa tidak fokus substansi materil. Kami meminta agar KY pantau persidangan Ahok,” demikian Zainut.

Sebelumnya, pada persidangan kasus penodaan agama di Auditorium Kementerian Pertanian, Selasa (31/1), Ahok merasa keberatan atas pertemuan  Ma’ruf dengan pasangan calon gubernur DKI nomor pemilihan satu, Agus Yudhoyono-Sylviana Murni, pada 7 Oktober.

Menurut dia, Ma’ruf yang kemarin menjadi saksi persidangan, menutupi latar belakangnya yang pernah menjadi Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang notabene ayah dari Agus. Ahok mengatakan, pengacaranya memiliki bukti tentang adanya telepon dari SBY kepada Ma’ruf agar Ma’ruf bertemu dengan Agus-Sylviana.

Karena Ma’ruf membantah adanya telepon itu, Ahok mengatakan akan memproses secara hukum ketua MUI tersebut. Lantas, Ahok juga mengatakan bahwa Ma’ruf tidak pantas menjadi saksi karena tidak obyektif.

Sebelumnya, warga Nahdlatul Ulama (NU) mengecam tindakan Ahok. Pasalnya, dia mengancam akan mempolisikan Ma’ruf.

“Sikap keras Ahok yang kasar, arogan dan ngancam-ngancam Kyai Maruf saat persidangan menjadi sikap yang sangat blunder. Ahok kali ini membuat warga NU menjadi sangat marah,” tegas Wakil Sekretaris Jenderal PKB Daniel Johan.

Loading...

loading...

Feeds

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …

Karya yang Membuat Tanya

Gedung Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan akhirnya telah rampung dibangun. Bangunan yang akan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung …