Begini Rencana yang Disiapkan KPU dalam Penyediaan Logistik Pilkada Cimahi

Ilustrasi pelipatan surat suara (Gatot Pudji/Radar Bandung)

Ilustrasi pelipatan surat suara (Gatot Pudji/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi menargetkan tahapan penyiapan logistik untuk Pilkada Cimahi 15 Februari 2017 mendatang rampung dalam tujuh hari.


Kepala Divisi Logistik  Roesdi Harun Rasyid mengatakan, pihaknya tengah melaksanakan penyiapan keperluan logistik yang akan diperlukan di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Untuk tahapan awal penyiapan logistik surat suara, diawali dengan pengepakan surat suara yang dimasukan ke dalam sampul, kemudian dipisahkan kedalam kotak surat suara. Pengepakan surat suara itu dikerjakan sebanyak 10 orang dari petugas KPU.

“Kita targetkan selama seminggu ini harus sudah selesai. Karena lebih cepat akan lebih baik dan tidak memakan waktu lama,” kata Roesdi, Kamis (2/2/2017).

Ia mengatakan, setelah dilakukan pengepakan surat suara, akan dilanjutkan dengan melakukan setting untuk keperluan di tiap TPS.

“Nanti tanggal 7, 8, 9, 10 akan disiapkan kotak suara per kelurahan. Pada tanggal 11 sampai 14 sudah siap didistribusikan melalui KPU ke Panitia Pemilihan Kecamatan dan diteruskan ke Panitia Pemungutan Suara, sehingga tanggal 14 sore kotak surat suara sudah ada di tiap TPS,” terangnya.

Sementara untuk sampul surat suara, disiapkan sesuai kebutuhan dan jumlahnya tidak terbatas. Terlebih kebutuhan sampul tersebut ada empat jenis yaitu, sampul untuk surat suara sah, surat suara tidak sah, surat suara rusak dan surat suara sisa.

“Itu nantinya akan dikembalikan ke KPU setelah pencoblosan selesai,” ujarnya.

Sekretaris KPU Cimahi Yulia Sri Mulyati, menambahkan, logistik lainnya yang sudah siap didistribusikan nanti, untuk tinta sidik jari sudah disiapkan sebanyak 1.960 botol yang akan dibagikan masing-masing dua botol di tiap TPS dan akan didistribusikan secara bersamaan di H -1 pemilihan.

Selain sudah menyiapkan tinta sidik jari, KPU juga sudah menyiapkan alat coblos sebanyak 3920 untuk disiapkan di masing-masing TPS sebanyak 4 alat coblos. “Seluruh persiapan logistik saat ini sudah disiapkan tinggal menunggu didistribusikan,” pungkasnya. (gat)

 

Loading...

loading...

Feeds

147 Orang Akan di Test Swab

POJOKBANDUNG.com, PARONGPONG – Berdasarkan hasil tracing Puskesmas Ciwaruga terhadap kontak erat jamaah ziarah yang terpapar COVID-19 di Kampung Pangkalan RW …

Harapan Ekonomi di Tangan Petani

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Ditengah situasi pandemi Covid 19, program 5.000 petani milenial yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat diharapkan …

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …