Wuiih… Tahun Ini, Pemkot Bandung Siap Bangun 10 Perpustakaan Mini

ilustrasi perpustakaan

ilustrasi perpustakaan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Tahun ini Pemkot Bandung akan membangun 10 microlibrary baru.


“Kita dapat bantuan dari Pemprov sebesar Rp11 miliar. Untuk membangun 10 microlibrary di 10 kecamatan,” ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kepada wartawan Selasa (31/1).

Namun demikian, lokasi penempatan microlibrary itu masih dalam pembahasan oleh para camat dan akan ditentukan dalam pekan ini. Pertimbangannya, lokasi pendirian microlibrary tersebut harus di tanah milik pemerintah kota.

“Belum dihitung, masih disurvei. Kan harus tanahnya pemkot. Di tempat yang padat penduduk dan banyak anak-anak,” papar Lelaki yang akrab disapa Emil ini.

Selain 10 perpustakaan mini itu, saat ini akan dibangun pula empat microlibrary di empat lokasi dan telah memiliki desain. Tiap-tiap desain dibuat unik sehingga diharapkan akan menarik masyarakat untuk datang ke perpustakaan.

“Inilah contoh bagaimana kita ingin meningkatkan budaya literasi, budaya membaca, tapi dengan konsep jemput bola, memperbanyak perpustakaan-perpustakaan yang unik dan keren di wilayah-wilayah padat penduduk,” terang Emil.

Ke empat lokasi tersebut antara lain di Alun-Alun Bandung, Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, Taman Lansia, dan Taman Tegalega. Tiap lokasi akan dirancang agar fungsinya tidak sekadar perpustakaan tetapi juga ruang kegiatan masyarakat.

Pembangunan perpustakaan akan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari berbagai perusahaan, seperti Pertamina, Telkomsel, Manila Water, dan Bank BJB. Keempat perusahaan tersebut telah siap menggelontorkan dananya untuk mewujudkan hal tersebut.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga memberikan fasilitasi senilai kurang lebih Rp3 miliar untuk membangun Taman Bacaan Masyarakat dan perpustakaan di mal. Bantuan tersebut akan bisa digunakan setelah proses administrasi selesai.

Sebelumnya, pemerintah kota telah membangun microlibrary di Jalan Bima. Konsep tersebut merupakan yang pertama di Indonesia hasil karya SHAU Architecture. Jika ditambah dengan pembangunan microlibrary saat ini, secara total Kota Bandung tahun ini akan memiliki 15 microlibrary untuk digunakan masyarakat. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …