Minggu Depan, Habib Rizieq Kembali Dipanggil Polda Jabar

Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Setelah Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menyandang status tersangka atas kasus dugaan penghiaan Pancasila dan Presiden pertama Soekarno, Polda Jawa Barat bakal memanggil ulama tersebut pekan depan.


Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan mengaku, pihaknya pada pekan depan akan memanggil, Habib Rizieq guna dilakukan pemeriksaan terkait kasus tersebut. “Minggu depan mungkin (pemeriksaan),” ujar Anton di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (31/1).

Dalam pemeriksaan tersebut, kata Anton, pihaknya akan mengkonfrontir Habib Rizieq dengan video terkait isi ceramah yang menghina Pancasila dan Presiden pertama Soekarno yang dilakukan di Lapangan Gasibu Kota Bandung 2011 silam. “Karena pada saat penayanagan video pertama yang bersangkutan tidak mengakui bahwa itu dirinya,” katanya.

Menurut mantan Kapolda Sulawesi Selatan tersebut, dirinya berharap dalam pemeriksaan tersebut Habib Rizieq bisa mengakui adanya dugaan penghinaan terhadap lambang negara. Sehingga pemeriksaan akan lebih mudah. “Kalau kooperatif dia mengakui dengan gentle,” pungkasnya.

Sekadar informasi, kasus tersebut berawal pada saat Habib Rizieq melakukan ceramah di Lapangan Gasibu Kota Bandung 2011 silam. Di sana dia diduga menghina Pancasila dan sang Proklamator Soekarno.

Dengan bukti rekaman video ceramah tersebut yang menjadikan putri Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri melaporkan Habib Rizieq ke Mabes Polri yang selanjutnya dilimpahkan ke Mapolda Jawa Barat sesuai dengan lokasi kejadian.

Sementara Habib Rizieq duduga melangar Pasal 154 A Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara, dan pasal 320 tentanng penistaan lambang negara serta pencemaran nama baik, acaman hukuman 9 bulan. (cr2/jpg/ca)

Loading...

loading...

Feeds