Liverpool Vs Chelsea: Klopp Tak Hoki dengan Skema Tiga Bek

Antonio Conte- Juergen Klopp (getty images)

Antonio Conte- Juergen Klopp (getty images)

POJOKBANDUNG.com, LIVERPOOL – Big Match Premier Legaue akan terjadi di pekan ke-23 Rabu (1/2/2017) dini hari nanti-siaran langsung RCTI, beIN Sports 1 pukul 03.00 WIB. Liverpool menjamu Chelsea di Anfield!


Liverpool di pekan kelima (17/9) mampu menaklukkan Chelsea di London 1-2. Bedanya, Chelsea kala itu belum main dengan 3-4-3 yang sulit dikalahkan seperti saat ini.

Pertanyaannya, bisakah Liverpool jadi klub pertama yang back to back menang atas The Blues – julukan Chelsea? Dikutip The Guardian, Juergen Klopp menilai tidak ada yang salah di balik tren buruk tiga laga sebelumnya.

Di balik setiap kekalahan, Liverpool tetap lebih dominan. Penguasaan bola selalu di atas 60 persen, begitu juga dengan jumlah tembakannya ke gawang lawan.

“Ini masih skuad terbaik meski kalah di tiga laga. Tidak ada yang berubah. Hanya, mood di sekitar kami saja yang berubah (setelah rentetan kekalahan),” kata Klopp.

Situs This Is Anfield dalam analisisnya menyebut, tidak ada salahnya apabila pada laga krusial ini Klopp menjajal bermain back three. Seperti upaya mirroring yang sudah  pernah dilakukan klub-klub lawan Chelsea agar mengimbangi formasi 3-4-3 ala Antonio Conte. Walaupun, baru Tottenham Hotspur yang mengalahkannya.

Kecepatan pemain-pemain Liverpool jadi modal awalnya. Jika main dengan back three, maka Klopp bisa memilih Joel Matip, Dejan Lovren dan Joe Gomez sebagai back three-nya.

Mengapa Gomez? Karena, bek 19 tahun itu selalu nyaman ketika memegang bola. Selain itu, dia punya kemampuan bermain dengan passing-passing pendeknya.

Untuk sayap, James Milner di sisi kiri sudah dapat berperan jadi defensive winger. Meski main sebagai bek di Liverpool, Milly – sapaan akrabnya – pernah menempati pos winger.

Dia pun punya kemampuan berimbang antara menyerang dan bertahan. Masalah hanya di sisi kanan karena Nathaniel Clyne yang kerap overlap diragukan kondisinya.

Clyne absen dua laga terakhir karena cedera tulang rusuk. Andai Clyne belum 100 persen fit, maka bek muda Trent Alexander-Arnold jadi opsi penggantinya. Ingat saat dia dimainkan melawan Manchester United (15/1)? Pemain 18 tahun itu mobile di sisi kanan  Liverpool. Kemampuan menyerang dan bertahannya pun sama baiknya.

Satu di antara Henderson, Georginio Wijnaldum dan Emre Can bisa jadi korban di saat Klopp berani bermain tiga bek. Untuk tiga di depan bisa dipercayakan pada Roberto Firmino, Philippe Coutinho, Daniel Sturridge atau Sadio Mane. Sayang, Klopp bukanlah sosok yang hoki dengan skema tiga bek.

Saat dia mencobanya dalam 45 menit babak kedua melawan Soton, Liverpool pun kalah. Sebelum itu dia kali pertama dan terakhir bermain tiga bek di Borussia Dortmund. Itu pun juga sama hasilnya, kalah 0-1 atas Schalke, 22 Oktober 2012.

“Sekarang ini kami harus yakin bahwa ada kans untuk menang di laga nanti,” koar Klopp. (ren/ca)

Loading...

loading...

Feeds

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …