Kamis Pekan Depan, Pedagang Cihampelas Sudah Bisa Berjualan di Skywalk

Suasana jembatan untuk pejalan kaki

Suasana jembatan untuk pejalan kaki "Skywalk" di Jalan Cihampelas, Kota Bandung. (Riana Setiawan)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Kamis (2/2) mendatang PKL Cihampelas sudah bisa berjualan di skywalk. “Kita akan mulai registrasi pendataan dan penandatangan perjanjian dengan PKL Cihampelas bawah, yang akan menggunakan kios-kios di skywalk,” ungkap Walikota Bandung Ridwan Kamil kepada wartawan.


Ridwan Kamil mengatakan, di skywalk disiapkan sebanyak 192 kios untuk pedagang lama Cihampelas, baik pedagang kuliner maupun non kuliner. Begitu masuk kios, para PKL tidak harus membayar kios.
“Mereka hanya dibebankan uang listrik dan kebersihan,” sebutnya.

Dengan penandatanganan perjanjian, Ridwan Kamil menegaskan para PK tidak perlu khawatir dengan isu-isu yang berdedar di lapangan. Dibagian lain, Pemkot juga hanya mengakui data yang mereka miliki.

“Kami tidak memungkiri akan banyak PKL baru yang ngaku-ngaku dan ingin ikut berjualan,” katanya.
Namun, Ridwan Kamil meyakinkan, pihaknya tidak akan tinggal diam dan mengalah begitu saja.

Sementara itu, untuk PKL baru Ridwan Kamil mengatakan akan segera dibangun skywalk jilid dua yang akan sampai jembatan Pasupati.  “Nah kalau yang skywalk jilid dua ini sudah selsai dibangun. Baru untuk PKL baru,” katanya.

Untuk peresmian skywalk sendiri ia mengatakan akan dilakukan di akhir pekan ini. “Apakah Sabtu atau Minggu akan ada peresmian,” pungkasnya.
Sebagian PKL Cihampelas sendiri sudah mulai pindah ke areal skywalk setelah diberi arahan Ridwan Kamil tadi malam, Senin (30/1). Sebagian lagi baru mengambil nomor di kantor kecamatan Coblong dan sebagaian lagi baru memeriksa kios yang akan mereka tempati tapi masih tetap berjualan di bawah.

“Harapannya sih dari tadinya sehari dapat Rp50 ribu nanti bisa Rp100 ribu Jadi ada peningkatan gitu kang,” harap padagang Cihampelas Wawan.

Wawan mengaku, sudah membuat kesepakatan dengan Satpol PP tidak akan kembali berjualan di trotoar Jalan Cihampelas dan akan berusaha terus meskipun nantinya usahanya tidak langsung laris.

(mur/ca/rmo/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds