Pilkada Cimahi, KPU Sortir 387.598 Surat Suara

Proses penyortiran surat suara yang dilakukan. (Gatot Pudji/Radar Bandung)

Proses penyortiran surat suara yang dilakukan. (Gatot Pudji/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com- Sebanyak 50 orang dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mulai melakukan penyortiran surat suara untuk Pilkada Cimahi 15 Februari 2017 mendatang.


Penyortiran sudah mulai dilakukan di Kantor KPU Cimahi Jalan Pesantren, Selasa (24/1). Proses penyortiran dilakukan masing-masing satu orang satu dus yang berisi 1.800 lembar surat suara dan dimulai pukul 11.30 WIB hingga 16.00 WIB.

“Penyortiran 387.598 surat suara ditargetkan selesai dalam tiga hari. Jumlah ini merupakan hasil akumulasi dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 375,722 ditambah 2,5 persen surat suara cadangan,” terang Ketua KPU Cimahi Handi Dananjaya.

Handi mengatakan, KPU memilih pelipatan surat suara langsung dilakukan pihak percetakan karena bahan kertas suara sangat tipis. Jika pelipatan dilakukan oleh masyarakat, dikhawatirkan surat suara rusak.

“Jadi kami lebih memilih pelipatannya dilakukan sama percetakan. Karena kami khawatir kalau dilakukan bukan oleh ahlinya,” terangnya.

Untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses penyortiran, KPU melibatkan pengamanan dari unsur kepolisian, TNI serta Panwas. “Kami berharap setelah penyortiran selesai tidak banyak ditemukan surat suara yang rusak atau cacat,” ucapnya.

Setelah proses sortir selesai, surat suara akan dikirim ke tiap panitia masing-masing TPS. Sebelum didistribusikan ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), KPU akan lebih dulu memanggil para ketua KPPS untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu.

“Saya harap dalam proses pemilihan nanti tidak ada lagi kekurangan surat suara maupun logistik lainnya,” tuturnya.

Diakuinya, keterlambatan proses penyortiran dikarenakan sampul surat suara baru tiba di Cimahi Senin malam pukul 23.30 WIB.  “Seharusnya, penyortiran surat suara sudah dilakukan sejak beberapa hari yang lalu. Namun, karena sampulnya belum datang, maka penyortiran pun terpaksa ditunda. Alhamdulilah sampul sudah datang dan penyortiran bisa kita lakukan,” pungkasnya. (gat)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …