Pilkada Cimahi, Dua Lembaga Survei Merapat ke KPU

Ketua KPU Kota Cimahi, Handi Dananjaya.

Ketua KPU Kota Cimahi, Handi Dananjaya.

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi melakukan penelitian terhadap berkas-berkas yang diajukan lembaga survei untuk melakukan pemantauan jalannya pencoblosan pada Pilkada 15 Februari 2017 mendatang.


Sejauh ini, baru dua lembaga survei yang berkasnya sudah masuk ke KPU. Masing-masing Lembaga Jaringan Pendidikan Pemilihan untuk Rakyat (JPPR) dan Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi (KPK).

Ketua KPU Cimahi Handi Dananjaya mengatakan, kehadiran sejumlah lembaga yang ingin turut berpartisipasi mengawasi Pilkada Cimahi muncul karena kekhawatiran akan adanya kecurangan atau pelanggaran-pelanggaran.

“Sejauh ini baru ada dua lembaga yang sudah masuk. Kalau untuk JPPR,  mereka punya akreditasi nasional, sedangkan untuk lembaga KPK masih kami lakukan penelitian pada berkas-berkasnya,” terangnya.

Handi menjelaskan, lembaga pemantau berkewajiban mematuhi perundang-undangan dan mematuhi kode etik Pemilu. Selain itu, harus melapor dan mengurus proses akreditasi dan tanda pengenal kepada KPU sesuai wilayah kerja yang dipantau. Kemudian, melapor kepada pihak kepolisian dan melaporkan jumlah personilnya.

Selama bertugas, mereka akan diberikan tanda pengenal, dan menghormati peran, tugas dan kedudukan penyelenggara pemilu dan tentunya harus bersikap netral. (gat)

 

Loading...

loading...

Feeds

Tingkatkan Sinergitas Program Bangga Kencana

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program Pembangunan Keluarga, …

Belajar Madu di Kedai Lebah

POJOKBANDUNG.com, RANCABALI – Tak hanya menyiapkan sajian madu asli, Kedai Lebah di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali Kabupaten Bandung juga memberikan edukasi …