Ini Penjelasan Kemendikbud Soal Gambar Mirip Palu Arit di Buku Soal UN

POJOKBANDUNG.com- Logo mirip palu arit yang kedapatan di buku soal Ujian Nasional (UN) di SMA Negeri 1 Kawali, Ciamis akhirnya membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan angkat bicara.


Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud Totok Suprayitno menegaskan logo tersebut bukan kisi-kisi soal UN.

“Buku yang ditemukan terdapat motif gambar yang dianggap kurang baik yang disampaikan dalam pemberitaan beberapa media tersebut, bukan merupakan kisi-kisi UN. Karena kisi-kisi UN disusun dan ditetapkan oleh BSNP,” jelas Totok di kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Penyusunan oleh BSNP, lanjut Totok dilakukan berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi dan kurikulum yang berlaku.

Penyampaian diterbitkannya kisi-kisi UN tahun 2017, BSNP juga telah menerbitkan surat edaran Nomor 0075/SDAR/BSNP/IXX/2016, tentang Kisi-kisi UN tahun pelajaran 2016/2017.

Surat edaran tersebut disampaikan kepada seluruh kepala dinas pendidikan provinsi, dan kepala kantor wilayah Kementerian Agama, yang menyebutkan bahwa telah dikeluakan kisi-kisi UN tahun pelajaran 2016/2017 jenjang pendidikan SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SMPLB/SMALB, dan kisi-kisi UN Paket B dan Paket C.

Oleh karenanya, menjelang UN 2017, lanjut Totok, pihaknya mengimbau para guru dan siswa mengakses laman khusus UN, un.kemdikbud.go.id.

Di laman itu, para peserta UN dapat mengakses kisi-kisi sebagai rambu-rambu yang akan diujikan dalam UN.

Kisi-kisi ujian nasional telah disusun dan ditetapkan oleh BSNP, dan para peserta UN dapat mengunduhnya di laman resmi UN,” demikian Totok. (sam/rmo/ca/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds