Pemprov Jabar Suntik Modal BUMD Rp 2 Triliun

Ketua DPRD Provinsi Jabar Ineu Purwadewi Sundari

Ketua DPRD Provinsi Jabar Ineu Purwadewi Sundari

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana menambah besaran modal dasar untuk BUMD PT Jasa Sarana sebesar Rp 2 triliun. Namun, modal tersebut terlebih dahulu harus dibuat perubahan Peraturan Daerah PT Jasa Sarana.


Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi mengatakan, dalam perda lama, kewajiban modal dasar Pemprov Jabar hanya sebesar Rp 1 triliun. “Sekarang perdanya tengah direvisi agar modal dasar Jasa Sarana menjadi 2 triliun,” kata Ineu di Bandung.
Namun rencana tersebut dipastikan akan dibahas ketat oleh dewan melalui pembentukan panitia khusus (Pansus) yang sudah berjalan sejak akhir 2016 lalu. Penambahan ini menurutnya direncanakan untuk mengimbangi rencana BUMD tersebut menjadi pemenang tender proyek Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu).

Menurut Ineu, bergabungnya Jasa Sarana dalam konsorsium PT CMNP, PT Waskita Karya Toll Road, dan PT Pembangunan Perumahan serta PT Brantas Adipraya harus didukung finansial yang kuat. Oleh karena itu, perda induk pembentukan BUMD ini akan lebih memperkuat arah bisnis BUMD tersebut.

“Sekarang fokusnya Cisumdawu dulu,” katanya. Selain besaran modal, Ineu memaparkan, Pemprov Jabar juga berencana melibatkan BUMD tersebut dalam proyek Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).

Namun, Ineu mengaku pelibatan Jasa Sarana di BIJB belum mendetail, mengingat saham BUMD PT BIJB juga dimiliki Jasa Sarana. “Pemprov inginnya di BIJB terlibat, tapi detailnya masih dibahas di Pansus,” tuturnya.

Ineu memastikan, pembangunan Jalan Tol Cisumdawuini menjadi prioritas. Selain untuk mengurai kemacetan yang terjadi di Jatinangor dan Tanjungsari, Sumedang, jalan tol ini pun menjadi salah satu akses utama menuju BIJB Kertajati.
“Ini kan menghubungkan Bandung dengan BIJB. Kami khawatir BIJB selesai, ini tidak. Padahal targetnya kan 2018 selesai,” katanya.(mun)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …