Jalan Lingkar Jatigede Sumedang Amblas Lagi

POJOKBANDUNG.com, DARMARAJA – Jalan lingkar Jatigede kembali amblas. Jalan amblas terjadi di betulan blok Tegalhuni, Desa Neglasari, Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang.


Menurut warga setempat, amblasnya jalan diakibatkan hujan deras yang terus mengguyur kawasan tersebut. Padahal ruas jalan tersebut belum lama dilakukan perbaikan total.

“Awalnya ada amblasan kecil tapi sudah dua hari ini (amblas jalan) malah tambah. Tanah dipinggir jalan juga retak dan amblas sehingga saat hujan air mengalir kebawah tanah,” ujar Ujang Nurfikri, 30, pengatur lalu lintas dadakan, Selasa (24/1).

Panjang badan jalan yang amblas sekitar 15 meter dengan kedalaman amblas mencapai 1 meter. Tak hanya badan jalan yang amblas, tepian jalan yang baru-baru ini ditanggul dengan beton juga amblas.
Sepengetahuannya, jalan tersebut baru saja diperbaiki secara total, setelah sebelumnya ruas jalan tersebut juga mengalami amblas yang parah beberapa bulan lalu.

“Kalau nggak salah sampai 3 bulan jalan diperbaiki,” katanya.

Menurut warga setempat, kondisi tanah di blok Tegalhuni memang labil. Sehingga meski dilakukan pengurugan bahkan dibangun tanggul beton tetap saja bisa amblas.
Dikatakan warga, pergerakan dan tanah amblas sudah diprediksi.
Namun demikian, meski dalam kondisi amblas, pengguna kendaraan baik dari arah Sumedang maupun dari arah Tasikmalaya tetap memaksakan melintas ke ruas jalan tersebut.

“Dari Senin amblasan sudah terlihat. Hari ini (Selasa) amblasnya bertambah. Tapi kan tidak ada alternatif jalan lain. Ya terpaksa melintas saja asal hati-hati saja,” ucap seorang pengendara yang melintas.

Kepala Desa Neglasari, Undang Saripudin menyebutkan, dulu pada saat dilakukan pengukuran pada 2009, pihaknya sudah mengingatkan kepada pihak konsultan agar jalan jangan melewati blok Tegalhuni, sebab kondisi curam dan tanah diiwlayah itu rawan longsor.

“Memang tanahnya yang labil,” katanya.

Sementara, Kapolres Sumedang AKBP Agus Iman Rifai melalui Kasubag Humas Polres Sumedang AKP Dadang Rostia mengatakan, sejak Senin, jalan amblas semakin melebar hingga hampir setengah badan jalan. Meski begitu jalur tersebut masih bisa dilewati dengan sistem buka tutup.

Lebih jauh, untuk mengantisipasi terjadi kecelakaan pihaknya menyarankan sementara khusus kendaraan besar atau dengan beban berat agar tak melintas jalan tersebut.

“Karena dikhawatirkan jalan tidak bisa menahan beban berat,” ujar Dadang. (gun)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …