Duh… Buku UN di SMAN Kawali Bermotif Palu Arit

Penampakan buku UN yang terdapat simbol  terlarang. (nida)

Penampakan buku UN yang terdapat simbol terlarang. (nida)

POJOKBANDUNG.com, CIAMIS–Dunia pendidikan di daerah Ciamis, Jawa Barat dihebohkan penemuan buku pelajaran yang bermotif palu arit.


Gambar dengan motif lambang terlarang itu ditemukan dalam buku kisi-kisi Ujian Nasional (UN) mata pelajaran bahasa inggris yang dibagikan bagi siswa kelas III SMA (XII).

Tepatnya tercantum di hal 16, dengan judul “New Mentor : Rahasia Cerdas Membedah Kisi – Kisi UN Bahasa Inggris SMA/MA 2016” yang terdiri dari 170 halaman.

Pada hal 16 di bagian latihan soal termuat sebuah teks tulisan berjudul “Announcing the Robert S Kenny Prize”, dilengkapi dengan gambar palu arit dibawahnya dan dua buah soal pilihan di sampingnya.

Tulisan tersebut dalam bahasa Inggris, yang intinya menceritakan penghargaan kepada pejuang buruh dan marxis.
Pengadaan buku tersebut bersumber dari alokasi dana BOS pihak SMA 1 Kec. Kawali.

Atas penemuan ini, menurut Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Yusri Yunus,  aparat Polda Jabar segera melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak sekolah untuk menarik peredaran buku tersebut dari siswa-siswi SMA N 1 Kawali kelas XII.

“Selain itu, Rapat Forkopimda dan Kominda dengan mengundang Disdik Ciamis diperlukan untuk mengambil langkah konkrit terkait dengan penemuan buku tersebut agar tidak berkembang menjadi issu nasional,” sebut Yusri dalam siaran persnya. (nda/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds