Cari Mangsa Lewat Facebook, Guru SMK dan Mama Muda Diringkus

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com- POLSEK Kotabaru, Karawang, Jawa Barat meringkus oknum guru honorer SMK dan ibu rumah tangga di Perum Griya Sentosa blok A13 RT 03/09, Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru.


Keduanya ditangkap diduga lantaran menipu ratusan calon tenaga kerja. Mereka adalah Dadang Hermansyah, 41 dan Lestari Dwi Pertiwi (26).

“Untuk penangkapan keduanya atas laporan dari korban bernama Desy Isti Ariani, 24, warga Kampung Kalioyod, Kecamatan Kotabaru. Karena korbannya curiga sampai sekarang tidak ada panggilan kerja dari PT B Braun Indotaisei, Cikampek,” ujar Kapolsek Kotabaru, Ipda Asep Nugraha kepada Karawang Bekasi Ekspres (Jawapos group-pojokbandung.com), kemarin (22/1).

Lanjut Asep, modus para pelaku mencari korbannya dengan memposting di Facebook. Bahwa PT B Braun Indotaisei, Cikampek sedang ada penerimaan karyawan melalui jalur BLK Genius (ilegal). Setiap yang akan mendaftar harus membayar uang sebesar Rp 200 ribu per orang.

“Kami telah mengamankan barang bukti sebanyak 204 berkas lamaran, diduga semuanya korban penipuan. Serta uang Rp 1,8 juta yang diduga hasil dari uang pendaftaran para korbannya,” jelasnya.

Asep mengatakan, pihanya sudah memeriksa dua saksi dari manager perusahaan tersebut. Mereka menerangkan perusahaannya belum membuka penerimaan karyawan. Kalau pun ada penerimaan melalui Disnakertrans Kabupaten Karawang dan tidak melalui pihak-pihak lain.

“Kami saat ini masih melakukan lidik dan pengembangan untuk memburu siapa saja yang terlibat dalam penipuan ini. Kedua pelaku dikenai pasal 378 KUHPidana tentang penipuan dengan ancaman hukuman kurungan penjara selama 4 tahun,” pungkasnya.(rie/kbe/mam/jpg)

Loading...

loading...

Feeds